HETANEWS

Rangkaian Kegiatan Babinsa Bersama Petani Dampingi Bercocok Tanam

Sertu Mulyadi bersama petani melakukan pembersihan rumput. (foto : Penrem 022/PT)

Babinsa Bersihkan Rumput Dalam Rangka Perawatan Padi

Batubara, hetanews.com - Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. Sabtu (7/5/2016).

"Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari,” kata Babinsa Koramil 03/Limapuluh Kodim 0208/Asahan Sertu Mulyadi bersama rekannya Sertu AR.

Rangkuti pada saat mendampingi petani Sukino di Dusun VII Desa Empat Negeri Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, dalam rangka pembersihan rumput di sekitar tanaman padi.

Adapun tanaman padi tersebut sudah umur padi jenis bibit ciherang dengan luas lahan 0,3 hektar. Tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Babinsa Bandar Pasir Mandoge Lakukan Perawatan Jagung

Serda A Gultom mendampingi petani merawat tanaman jagung. (foto: Penrem 022/PT)

Asahan, hetanews.com - Untuk menghasilkan tanaman jagung yang subur, perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma.

Penyiangan sebaiknya dilakukan sejak jagung sudah mulai tumbuh dan begitu juga dengan pembasmian hama tikus yang merusak atau memakan buah yang baru mulai menghasilkan biji dalam tongkol.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge Serda A Gultom Kodim 0208/Asahan yang ikut serta melaksanakan pendampingan pembersihan rumput atau gulma pada tanaman jagung dengan luas lahan tanaman jagung 0,8 hektare yang berada di Dusun IV Desa Bandar Pasir Mandoge dalam rangka perawatan jagung, Sabtu (7/5/2016).

Kegiatan perawatan tanaman jagung yang sudah berumur 2 bulan dengan harapan tanaman jagung dapat tumbuh dengan normal dan menghasilkan buah yang super serta biji atau tongkol yang besar.

“Keikutsertaan Babinsa dalam mensukseskan swasembada pangan akan terus dilakukan di wilayah Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge. Karena hal ini merupakan tugas Babinsa untuk mewujudkan ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani ,” terang Serda A Gultom.

Babinsa Simpang Empat Bantu Petani Merawat Jagung

Sertu Sutarno membantu pemupukan dan pembersihan lahan jagung. (foto: Penrem 022/PT)

Asahan, hetanews.com - Koramil 11/Simpang Empat Kodim 0208/Asahan Sertu Sutarno melaksanakan pendampingan membantu pemupukan dan pembersihan lahan jagung umur 37 hari milik Minah warga Dusun VI Desa Silomlom, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sabtu (7/5/2016).

Sertu Sutarno membantu pendampingan pemeliharaan tanaman jagung tersebut bertujuan agar para petani jagung lebih giat dan semangat.

Dengan adanya Babinsa turun keladang petani dengan memberikan motivasi dalam bercocok tanam jagung yang benar untuk memaksimalkan lahan tersebut jagung ditanam dengan jarak 20 centi meter antar pohon.

Dengan jarak ini biasanya hasil buahnya pun tergolong baik karena dengan jarak tersebut pendangiran lebih maksimal dan kalau tertiup angin tidak gampang roboh. Buah jagung lebih berbobot dan lebih baik serta penjualannya pun lebih gampang dipasaran.

Babinsa Lakukan Pengecekan Pintu Irigasi

Serda Bangun melaksanakan pengecekan saluran irigasi. (foto: Penrem 022/PT)

Batubara, hetanews.com – Sabtu (7/5/2016) Babinsa Koramil 01/Medang Deras Serda Bangun melaksanakan pengecekan saluran irigasi yang saat ini sangat memprihatinkan di Desa Aek Nauli, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara guna pengendalian pengairan ke sawah.

Walaupun sudah mulai menghadapi musim hujan dengan cukupnya debit air untuk mengairi sawah para petani, namun dengan adanya kondisi pintu air irigasi yang kurang maksimal karena saat ini menghadapi musim kemarau.

Dari hasil pengecekan tersebut diketahui bahwa pasokan air yang berada di Desa Aek Nauli mengalami penyusutan debit air yang dikarenakan intensitas hujan yang minim.

Hasil pengecekan yang dilakukan akan didata dan dilaporkan ke pemerintah untuk ditindak lanjuti guna mengatasi hambatan yang selama ini menjadi momok bagi para petani di Desa Aek Nauli.

Babinsa Tanjung Tiram Dampingi Petani Tanam Padi

Pelda Wakijan dan Kopka S Panjaitan melaksanakan kegiatan pendampingan penanaman padi. (foto: Penrem 022/PT)

Batubara, hetanews.com - Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Kodim 0208/Asahan Pelda Wakijan dan Kopka S Panjaitan melaksanakan kegiatan pendampingan penanaman padi di lahan Sartono di Desa Benteng Jaya, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sabtu (7/5/2016).

Dalam pendampingan ini Babinsa menambahkan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan sistem ‘legowo’, dengan harapan tingkat pertumbuhan produksi padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

Para petani berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontiniu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.

Babinsa Rantau Prapat Bantu Warga Membuat Jamban

Sertu Asrol Adam membantu membuat jamban milik warga. (foto: Penrem 022/PT)

Labuhanbatu, hetanews.com - Babinsa Koramil 08/Rantau Prapat Kodim 0209/Labuhanbatu Sertu Asrol Adam membantu membuat jamban milik Yunus Nasution (42) warga Desa Gariang Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhabatu, Sabtu (7/5/2016). Kegiatan tersebut bentuk tindak lanjut pendampingan Babinsa dalam program jambanisasi.

Sertu Asrol Adam mengatakan, bahwa dalam proses pembuatan jamban milik Bapak Yunus Nasution ini sudah mencapai 70 persen tinggal finishing saja. “Kami sebagai babinsa tentunya sangat senang bisa membantu warga dengan kegitan seperti ini tentunya bisa mendekatkan kita kepada masyarakat. Harapan kami dengan selesainya pembuatan jamban ini dapat meringankan kesulitan warga, karena jamban adalah sarana dan prasarana yang harus di miliki oleh setiap warga/perumahan.” ujarnya.

Ucapan terima kasih pun disampaikan Yunus Nasution, di mana babinsa membantu dari proses awal baik dalam menggali lubang sampai dengan saat ini. “Kami sangat senang dan bangga karena sudah diperhatikan dari pihak Koramil. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih banyak,” ucapnya.

Babinsa Sibolangit Bantu Petani Bersihkan Rumput Di Demplot

Serda Samsinar membantu petani membersihkan rumput di lahan persawahan. (foto: Penrem 022/PT)

Delisrdang, hetanews.com - Anggota Babinsa Koramil 03/Sibolangit Kodim 0204/DS Serda Samsinar membantu petani membersihkan rumput di lahan persawahan padi di Demplot Koramil 03/Sibolangit Desa Kutangkuhan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (7/5/2016).

Serda Samsimar mengatakan, dengan adanya babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani. Diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petanipun akan melimpah.

"Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan," ujarnya seraya menambahkan jika kegiatan ini disambut baik oleh petani.

Babinsa Labuhan Bilik Gotong Royong Bersama Masyarakat

Serka Dedi Herman bersama warga sekitar melaksanakan kegiatan gotong royong. (foto: Penrem 022/PT)

Labuhanbatu, hetanews.com - Babinsa Koramil 04 Labuhan Bilik Serka Dedi Herman bersama warga sekitar melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan lokasi karya bhakti sepanjang 3.150 meter, Minggu (8/5/2016).

Tujuan gotong royong ini adalah untuk mempermudah pelaksanaan karya Bhakti yang rencananya akan dilaksanakan di Dusun 8 Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Panai Hulu Muslih, Kades Cinta Makmur Ego Wiharno, Ketua BPD Sutarman, Ketua LKMD Irwanto dan para Kadus dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu Kades Cinta Makmur Ego Wiharno mengapresiasi semangat gotong royong yang ditunjukan warganya, setiap kegiatan gotong royong dilaksanakan kehadiran warganya bisa maksimal.

“Semangat gotong royong senantiasa dilestarikan sebagai budaya dan kepribadian bangsa yang turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat. Bukan hanya semangat kebersamaannya saja yang terbentuk, namun interaksi dan toleransi yang terjalin akan melahirkan rasa saling peduli yang merupakan tanggung jawab bersama, memupuk kesadaran sebagai benteng dalam mempertahankan integritas bangsa,” ungkap Serka Dedi Herman.

 

Penulis: bt. Editor: aan.