HETANEWS.COM

Peran Aktif Babinsa Dampingi Petani Sebagai Bentuk Motivasi dan Kepedulian

Sertu Hendrik Gunawan membantu petani memupuk padi. (foto : Penrem 022/PT)

Wujud Kepedulian Babinsa Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Sergai, hetanews.com - Untuk mencapai swasembada pangan perlu usaha yang maksimal dari para petani.

Salah satunya melaksanakan pemupukan tanaman padi secara teratur dan terjadwal, sehingga kesuburan tanah dan tanaman tetap terjaga. Babinsa juga memberikan pengawasan dan pengecekan terhadap persediaan pupuk yang ada pada kelompok tani (poktan). Ini merupakan bentuk pendampingan terhadap petani yang ada di wilayah binaanya.

Hal ini dilakukan Babinsa Kelurahan Pelita, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sertu Hendrik Gunawan melaksanakan pendampingan petani berupa pemupukan padi bersama poktan. Hal ini diharapkan bisa meringankan beban petani dan mempercepat pertumbuhan padi yang sudah berumur 37 hari seluas 1 hektar, Jumat (6/5/2016).

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Babinsa terhadap wilayah binaanya dan merupakan perintah dari Komandan Kodim 0204/DS  untuk terus mendampingi kolompok tani di desa binaan. Dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani dan babinsa.

Babinsa Koramil 16/DN Bantu Petani Membajak Sawah

Serda E Sinaga ikut membajak sawah petani. (foto: Penrem 022/PT)

Sergai, hetanews.com - Babinsa Koramil  16/Dolok Masihul, Serda E Sinaga membantu Kelompok Tani (Poktan) Saroha membajak sawah seluas 25 hektar menggunakan hand  traktor di Desa Blok 10, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Jumat (6/5/2016).

Pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Karena dengan sistim traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan  lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi. Bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional,” jelas Serda E Sinaga.


 

Turunnya Babinsa Berikan Motivasi dan Semangat Bagi Petani

Serda Sunar  ikut membantu panen padi milik petanI. (foto: Penrem 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Serda Sunar Babinsa Koramil 21/TJ Kodim 0204/DS  turun ke sawah membantu petani panen padi seluas 6 rante di Desa Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Jumat (6/5/2016).

Di sela-sela istirahat, Serda Sunar meminta para petani Desa Tiga Juhar  harus bisa bekerja sama dengan anggota Babinsa dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

“Koordinasikan bila ada suatu kegiatan. Dalam pencapaian upaya khusus padi, jagung dan kedelai (pajale), TNI sudah ditugaskan menjadi pendampingan pertanian,” ujarnya.

Diharapkan dengan turunnya Babinsa di sawah sebagai pendamping di wilayah binaannya masing-masing dapat memberikan motivasi dan semangat para petani.

Serda Sunar juga mengingatkan setelah panen ini petani agar segera segera mengolah lahan sawahnya untuk percepatan masa tanam berikutnya. Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukkan menjemur padi atau gabah hasil panen.

“Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan begitu saja, sehingga tak ada lahan yang nganggur,” sebutnya.

 

Babinsa Koramil Tanjung Tiram Tinjau Lokasi Pembuatan Jamban

Labuhanbatu, hetanews.com - Tak hanya fokus dan setia dalam dinas kemiliteran sesuai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sigap dan tanggap atas kesulitan dan kebutuhan masyarakat juga dilakukan personel Babinsa Koramil 05 Tanjung Tiram jajaran Kodim 0209/LB Serda Sunari meninjau lokasi tempat pembuatan jamban, Jumat (6/5/2016).

Rencana pembuatan jamban kali ini akan dilaksanakan di rumah Syamsuddin Ritonga, Sayamsul Bahri dan Zalil Munthe warga Desa Adian Torof, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhan Batu.

“Pengerjaan jamban sehat ini akan memakan waktu antara dua hingga tiga hari. Nantinya diharapkan pemilik rumah yang mendapat bantuan jamban sehat dapat menjaga kebersihan. Ini agar jamban tersebut tetap menjadi jamban yang sehat,” jelas Serda Sunari.

Lanjutnya, ini sebagai wujud dharma bhakti ‎mereka sebagai prajurit TNI, dari rakyat untuk rakyat. “Kali ini, kita wujudkan dengan bhakti sosial jambanisasi di wilayah Kecamatan Aek Natas,” paparnya.

Koramil 09 Teluk Mengkudu Olah Sawah Bersama Petani

Serda Rahmat membantu petani mengolah sawah. (foto: Penrem 022/PT)

Sergai, hetanews.com - Babinsa koramil 09 Teluk Mengkudu Kodim 0204/DS Serda Rahmat Babinsa Desa Sentang ikut serta dalam melaksanakan dan mensukseskan upaya khusus (upsus) swasembada pangan, Jumat (6/5/2016).

Dalam pelaksanaanya, babinsa ikut terjun ke lapangan untuk mendampingi dan membantu petani Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dalam pengolahan lahan sawah. Ini supaya nanti dalam penanaman padi dapat bertumbuh dengan baik dan hasil yang maksimal agar program swasembada pangan tahun ini dapat meningkat.

Babinsa menghimbau agar petani tetap semangat dalam pengolahan lahan dan perawatannya, karena pemerintah sudah menyiapkan kebutuhan dan keperluan untuk bidang pertanian.

Petani mengucapkan terima kasih kepada babinsa yang telah memberi dorongan dan semangat serta membantu mereka (petani) dalam pengolahan dan perawatan lahan sawah.

Mudah mudahan tahun ini swasembada pangan dapat meningkat dan sesuai dengan target. Dengan adanya peningkatan swasembada pangan negara ini dapat mengurangi atau kalau bisa menghentikan impor beras dari luar negeri, karena setok beras dalam negeri sudah mencukupi.

Koramil 10/SR Intensif Dampingi Petani

Koptu Samidi mencek tanaman jagung petani.  (foto: Penrem 022/PT)

Sergai, hetanews.com - Dalam membantu petani, TNI tidak hanya pada saat panen saja. Namun sejak mulai pembibitan hingga panen juga turun tangan ikut mengawasi, bersama gabungan kelompok tani (gapoktan).

Seperti yang dilakukan jajaran Koramil 10/SR Babinsa Koptu Samidi aktif membantu petani, mengecek perkembangan tanaman jagung seluas 2 hektar milik Fatimah di Desa Simpang Empat, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Jumat (6/5/2016).

Koptu Samidi  selaku pendamping kelompok tani di wilayah tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara TNI, Dinas Pertanian (Distan), Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan para petani dalam upaya meningkatkan produksi pangan.

Menurut Samid,  hasil tanam jagung terlihat subur dan diharapkan hasil panen mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Terlebih dengan adanya program TNI membantu para petani untuk terciptanya swasembada pangan.

“Untuk melakukan budidaya jagung hibrida, kami menenkankan kepada petani, tentang beberapa tips cara menanam jagung hibrida yang benar, dari mulai memilih benih, menyiapkan lahan tanam, penanaman jagung, perawatan tanaman jagung, hingga pemanenan jagung yang melimpah,” terangnya.

Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam selanjutnya.

Pengecekan Lahan Pertanian Babinsa Koramil Sunggal

Babinsa mencek lahan persawahan petani. (foto: Penrem 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Anggota Babinsa tidak memiliki keraguan untuk terjun langsung membantu petani. Mereka juga harus rutin melakukan pengecekan di setiap lahan pertanian milik warga binaannya.

Seperti yang dilaksanakan Babinsa Koramil 01 Sunggal  Kodim 0204/DS melaksanakan pengecekan lahan pertanian milik Suwarno dari Kelompok Tani (Poktan) Panca Karya Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang yang belum dikelola karena  belum terairi, Jumat (6/5/2016).

Dengan adanya monitoring ini diharapkan agar kegiatan tanam yang dilakukan sesuai dengan tahap yang direncanakan.

“Hadirnya Babinsa merupakan suatu pemberi semangat bagi kami, khususnya dari Babinsa Koramil 01 Sunggal bersama-sama peduli dan bekerja sama membantu para petani untuk memperbaiki ekonomi dan mensukseskan program ketahan pangan yang sedang digalakkan oleh pemerintah daerah,” ujar Suwarno.

Babinsa Turun Ke Sawah Bantu Petani Semprot Hama

Penyemprotan hama tanaman padi. (foto: Penrem 022/PT)

Simalungun, hetanews.com - Babinsa Nagori Ujung Padang  Koramil 07/Pematang Bandar Kodim 0207/Sml Pelda Ismail terjun langsung ke sawah melaksanakan penyemprotan hama tanaman padi di Nagori Ujung Padang, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungu, Jumat (6/5).

Tujuan penyemprotan ini untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta membasmi dan mengantisipasi hama yang menyerang tanaman padi, sehingga tanaman padi kelak mencapai hasil yang maksimal saat panen.

“Demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi, babinsa bersama Dinas Pertanian (Distan) juga terus melakukan pendampingan terhadap petani untuk menghilangkan hama wereng,” imbuh Pelda Ismail.

Babinsa mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat yang sudah mulai menyerang tanaman padi. Selain itu, babinsa juga menghimbau dan mengajak para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut.

Penulis: bt. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan