Siantar, hetanews.com - Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas secara kompeten dan profesional, Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Siantar menggelar pelatihan peningkatan kemampuan bagi 41 Petugas Pemadam Kebakaran, Senin (9/5) di Mako Subden 2/B Brimob Siantar.

Penjabat Walikota, Drs Jumsadi Damanik SH MHum menyambut baik pelatihan ini. Kegiatan ini sangat tepat, karena membuktikan bahwa pemerintah daerah benar-benar serius dalam hal penanggulangan bencana.

Untuk itu selama pelatihan diharap  agar menanamkan kesadaran pengamanan di kalangan personil, serta meningkatkan tali silaturahim anggota pemadam kebakaran, serta dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan petugas Damkar dalam hal penanganan bencana kedepannya.

"Saya minta  kepada peserta pelatihan untuk mengikuti sebaik-baiknya apa yang diberikan instruktur. Kalau pun ada pertanyaan ajukan saja, sehingga saat pelaksanaan dilapangan nanti kita dapat melaksanakan tugas secara kompeten dan profesional," ujarnya seraya mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan meningkatkan respon sikap tanggap petugas Damkar Kota Pematangsiantar.

Ditambahkan, kemampuan dari waktu ke waktu harus terus ditingkatkan, sesuai level-level yang ada, level dasar, menengah sampai benar-benar baik. Setiap personil tentu berbeda-beda kemampuan. Untuk itu, pimpinan harus bisa memahami yang bersifat makro.

“Kepada Kasubden Brimob 2/B Pematangsiantar saya titipkan personil Pemadam Kebakaran ini untuk diberikan bimbingan dan pelatihan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat secara maksimal,” imbuhnya.

Petugas Damkar juga diingatkan untuk mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya tanpa menghiraukan pujian, cacian dan cemokan orang lain. Masalah kecepatan datangnya mobil Pemadam Kebakaran itu pasti adalah persoalan informasi, persoalan hubungan dan telekomunikasi atau persoalan kesiapan dari aparat Pemadam Kebakaran sendiri.

Karena itu harus dibangun komunikasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat seperti RT,RW dan kepala lingkungan.

Usai upacara, Kepala Subden 2/B Brimob, AKP.Hari Purnomo, SH,MH, bersama Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Sugiarto SH menerangkan, bahwa  pelatihan ini akan dibagi dua gelombang.

Pelatihan peningkatan kemampuan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 9-20 Mei 2016. Instrukturnya adalah Perwira dan Bintara Subden 2/B Sat Brimob Polda Sumut. Sedangkan materi pelatihan yaitu PBB, Pioner, SAR, dan Kesehatan Lapangan.