HETANEWS

Tabrakan di Danau Toba, 2 Orang Luka Berat dan 21 Selamat

Proses penyelamatan korban kapal tabrakan. (foto : Facebook)

Tobasa, hetanews.com - Tabrakan speedboat dengan kapal kayu (solu) di perairan Ajibata Danau Toba, tepatnya di depan Cottage Danau Toba Internasional Ajibata Parapat, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa),  Sabtu (7/5/2016) sekira pukul 10.30 WIB mengakibatkan 2 korban luka berat.

Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian, Sabtu malam (7/5/2016) melalui telepon seluler mengakui peristiwa tersebut. Dua korban luka serius adalah Pardiman Sagala (luka robek di paha kanan dan paha kiri) dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Medan. Pardiman Sagala merupakan penumpang speedboat.

Satu korban lainnya, nakhoda Solu-solu, Marbaek Situmorang (58) warga Sabungan Ni Huta Desa Lontung, Kabupaten Samosir dengan luka robek di p aha kiri dan kaki kanan dan dua gigi depan atas copot telah dirujuk ke RS Vita Insani, Kota Siantar

Mereka yang selamat  Ramita Tobing, Hotber Hutagalung, Pinta Sagala, Limiraiti Sipayung, Ucha Hutagalung, Rio Hutagalung, Jasben Gultom, Pelmoea Boru Tamba, Aiko Gultom, Dapit Gultom,  (seluruhnya penumpang speedboat jurusan Lontung Ajibata).

Sedangkan penumpang solu-solu adalah Zustina Sinaga (42), Puspita Situmorang (25), Murni Purba (48) Teti Siallagan (26), Nova Situmorang (28), Lentina Situmorang (63), Debora Sidabutar (26), Sanjaya (5), Greisa Situmorang (4) Pidi Purba (3), Butet Purba (6 bulan) dan Paren Naibaho.

Jidin  mengungkapkan, sampai saat ini polisi masih memeriksa pengemudi speedboat yang masih pelajar kelas 8 SMP, Karlos Sirait (12). Namun belum ditetapkan status hukumnya.

Kronologis peristiwa tersebut terjadi saat speedboat berpenumpang 11 orang sedang berkeliling di perairan Ajibata tepatnya di belakang Cottage Danau Toba Internasional Ajibata bertepatan dengan hari libur regular, Sabtu dan Minggu setelah libur nasional Kamis dan Jumat.

Diduga ugal-ugalan dan melaju dalam keadaan kencang, speedboat tersebut kemudian menabrak kapal kayu (solu-solu) berpenumpang 12 orang sedang dalam tujuan Lontung.

Speedboat langsung menabrak solu-solu hingga membuat seluruh penumpang terpental ke danau dan ditolong oleh warga sekitar yang sedang ramai karena hari libur.

“Bukan kapal penyeberangan tapi kapal solu-solu dengan  speedboat. Pengemudi speedboat yang masih berusia 12  tahun diduga ugal-ugalan dan telah kita periksa,” ujar Jidin.

Pemberitaan ini sekaligus memperbaiki informasi sebelumnya yang menyebutkan terjadinya tabrakan kapal boat dengan kapal kayu di Ajibata Danau Toba.

sumber: waspada

Editor: aan.