Simalungun, hetanews.com - Adanya ritual pengusiran makhluk halus atau jin yang kerap disebut 'Begu Ganjang' oleh masyarakat adat Batak, di sekitaran Dusun Mariah Jambu Desa Pokan Baru Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun, dengan cara penyugihan kepala kambing, menurut Ardiansyah Saragih, Ketua DPP Gerakan Muda Islam Simalungun, adalah tindakan sesat.

"Kita mengakui mahluk halus, seperti jin, memang ada keberadaannya. Namun, dalam hakekatnya pengusiran yang dilakukan dengan ritual  penyugihan adalah tidakan yang salah dan bertentangan dengan agama.

Agama menyakini jika tindakan memanfaatkan peranan arwah untuk menyelesaikan permasalahan terhadap jin, merupakan tindakan sesat. Sebab agama kepada Tuhan lah sepatutnya meminta pertolongan yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan juga," ujar Ardiansyah, yang juga salah satu unsur di DPP KNPI tersebut, melalui seluler, Sabtu (7/5/2016).

Menurutnya, ritual penyugihan dengan menggunakan sarana kepala Kambing bukanlah tindakan yang pantas.

Baca: http://www.hetanews.com/article/51913/warga-hutabayuraja-gelar-ritual-pengusiran-begu-ganjang

Melihat hal ini, sambungnya, membuktikan perlunya peningkatan nilai keagamaan, melalui penerapan kepercayaan terhadap agama yang dianut. Kegiatan dapat dilakukan melalui ibadah bersama berdasarkan setiap keyakinan beragama.

"Di dalam Islam, surah An Nas, Surah Al Ikhlas, dan Ayat Kursi dapat digunakan untuk menjaga dari gangguan jin ataupun makhluk halus lain. Begitu juga pada agama lain, terdapat doa-doa yang dapat digunakan untuk menjaga dari gangguan ganguan jin," ujarnya.

Membina nilai kerukunan umat beragama, melalui sarana agama, hal yang patut. Sedangkan tindakan melalui pemujaan dengan penyugihan untuk mendapatkan sesuatu, jika dilakukan dan dikembangkan dapat mengkaburkan nilai beragama.

"Itu mengapa dikatakan dapat menyesatkan. Kita akui, keberadaan sejenis jin tersebut ada, tetapi setiap agama juga memiliki cara, dan mempergunakan cara-cara beragama dapat meningkatkan mental keagamaan serta menciptakan rasa keyakinan terhadap Tuhan," ungkapnya.