HETANEWS.COM

Babinsa Dampingi Petani Berikan Motivasi Mengelola Pertanian

Sertu Mahendra saat mencek kondisi persawahan milik petani. (foto : Penrem 022/PT)

Babinsa Perdagangan Turun Ke Sawah Bantu Petani Panen Padi

Simalungun, hetanews.com - Untuk menyukseskan program swasembada pangan babinsa selalu berupaya terjun ke lapangan dan berkordinasi dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) agar dalam menjalankan tugas di lapangan berjalan lancar khususnya progam pertanian.

Hal ini tersebut dilakukan Babinsa Koramil 06 Perdagangan Sertu Mahendra melaksanakan pendampingan panen padi di Nagori Pardamuan Nauli, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Jumat (29/4/2016).

Kegiatan panen  padi ini adalah bentuk keseriusan dan kepedulian  babinsa dalam penyuksesan progam swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

 

Babinsa Lakukan Tabur Benih Padi Bersama Petani

Serka P Simatupang melaksanakan kegiatan tabur benih padi bersama warga. (foto: Penrem 022/PT)

Siantar, hetanews.com - Koramil 03/Siantar Marihat Serka P Simatupang melaksanakan kegiatan tabur benih padi bersama warga di Kelurahan Tongah Marimbun, Kecamatan Siantar Simarimbun, Jumat (29/4/2016).

Para petani sangat senang melihat aparat negara turun langsung membantu mereka untuk pendampingan pertanian, membantu dalam pemilihan serta pembibitan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Siantar Marihat tersebut adalah wujud dari terlaksananya kegiatan hanpangan nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani d idesa binaan masing-masing.

Serka P Simatupang merasakan betul dengan kegiatan tersebut bahwa menjadi seorang petani sangat lah berat. “Maka kami melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dengan senang. Karena menambah ilmu serta bekal nanti kalau sudah mendekati masa pensiun kita bisa bercocok tanam,” sebutnya.

Tujuan Babinsa turun kesawah adalah untuk pendampingan para poktan dan gapoktan diwilayah desa binaan mereka dalam membantu mensukseskan program pemerintah yaitu hanpangan nasional untuk mencapai swasembada pangan nasional.

 

Berbaur Bersama Petani, Babinsa Koramil 21/TJ Tanam Padi

Serda L Gultom bersama petani menanam padi. (foto: Penrem 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Babinsa Koramil 21/TJ Kodim 0204/DS Serda L Gultom turun ke sawah berbaur bersama bersama petani menanam padi di Desa Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Jumat (29/4/2016).

Jenis padi yang ditanam oleh petani tersebut merupakan padi unggul sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Deliserdang agar panen yang dihasilkan melimpah.

Selain membantu petani menanam padi, para babinsa tersebut telah membantu dalam menyiapkan lahan. Dengan turunnya babinsa membantu para petani diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani dalam mengolah lahan pertaniannya untuk mewujudkan swasembada pangan di Kecamatan Kuansing.

Serda L Gultom sangat bersemangat dalam melaksanakan penanaman padi di areal pertanian seluas 1 hektar di Desa Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu bersama dengan anggota Kelompok Tani (Poktan) Arih Ersada.
 

Koramil Bandar Durian Buat Jamban Sehat untuk Masyarakat

Sertu S Gultom melakukan pembuatan jamban warga. (foto: Penrem 022/PT)

Labura, hetanews.com - Sebagai wujud dan kepedulian terhadap masyarakat tidak mampu, Koramil 05 Bandar Durian melalui Babinsa Sertu S Gultom melaksanakan kegiatan jambanisasi dengan membuat jamban di rumah Zulkifli (56) warga Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), Sabtu (30/4/2016).

“Pembuatan jamban untuk masyarakat miskin sangatlah penting untuk kesehatan. Karena Buang Air Besar (BAB) sembarangan bukan lagi zamannya. Dampak BAB sembarangan sangat buruk bagi kesehatan dan keindahan juga dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit menularkan,” jelas Sertu S Gultom.

Pembangunan jamban tersebut agar masyarakat hidup sehat dan terhindar dampak buruk bagi lingkungan yang kotor. Selain itu perlu diperhatikan syarat-syarat dalam membuat jamban sehat tersebut seperti, tidak mencemari air dan tanah permukaan, bebas dari serangga, tak menimbulkan bau dan nyaman digunakan, aman digunakan oleh pemakainya, mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan gangguan bagi pemakainya.


Prajurit dan PNS Kodim 0207/Simalungun Ikuti Sosialisasi P4GN

Foto bersama dan kegiatan sosilisasi P4GN di Makodim 0207/Simalungun. (foto: Penrem 022/PT)

Simalungun, hetanews.com - Sebanyak 150 orang prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodim 0207/Simalungun menerima sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Siantar, bertempat di Aula Makodim 0207/Simalungun, Jumat (29/4/2016).

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Oni Kristoyono Goendong mengatakan, bahwa setiap anggota Kodim 0207/Simalungun harus waspada dengan narkoba dan harus bebas dari narkoba. “Jauhi dan hindari jangan sekali - kali menggunakan narkoba. “Kalau ketahuan menggunakan narkoba akan diproses secara hukum,” tegas Dandim.

Menurutnya, penyuluhan ini dipandang perlu untuk memberikan daya tangkal dan upaya pencegahan dini dikalangan prajurit dan PNS agar tidak ada yang terjerumus di dalamnya.

Diharapkan, seluruh anggota Kodim 0207/Simalungun mengetahui dan memahami bahaya dari penyalahgunaan narkoba, sehingga terbentuk imunitas individu masing-masing untuk mampu menolak semua penyimpangan perilaku, terutama penyalahgunaan narkoba yang dapat mengancam kelangsungan generasi masa kini dan masa depan.

Untuk itu, dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, unsur pimpinan  memfokuskan pada upaya menjadikan masyarakat, khususnya anggota sehingga memiliki pola pikir, sikap terampil untuk menolak penyalahgunaan narkoba serta upaya menciptakan lingkungan kerja bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sedangkan Kepala BNN Siantar, Ahmad Yani Damanik menyampaikan dan menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba dan bahaya narkoba, bahaya mengkonsumsi narkoba dan efeknya. Ini termasuk menjelaskan pasal dan jenis hukuman bagi pengguna, bandar maupun pabrik/pembuat.


Babinsa Dampingi Petani Pengecekan Hama Padi

Serda Iswan Dedy melakukan pengecekan hama yang menyerang tanaman padi milik petani (foto: Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Babinsa Koramil 18/Berandan Barat bersama Kelompok Tani (Poktan) Sepakat melaksanakan pengecekan terhadap hama yang menyerang tanaman padi seluas 668 hektar di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat.

Pengecekan dilaksanakan dalam rangka membantu para petani dalam merawat tanaman padi dan meningkatkan hasil produksi pertanian. Ini sekaligus sebagai antisipasi berkembangnya hama yang dapat merusak tanaman padi, sehingga nantinya hasil panen dapat maksimal.

Serda Iswan Dedy mengatakan, pihaknya bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) akan selalu siap membantu para petani dalam memelihara tanaman padi musim kali ini. “Semoga dengan adanya kami dan PPL, dapat bermanfaat untuk para petani dan bisa meningkatkan hasil produktifitas, sehingga target yang diharapkan oleh para petani dan pemerintah dapat tercapai,” kata Iswan.


Babinsa Dampingi Penyemprotan Hama Walang Sangit di Desa Lubuk Kasih

Sertu Sugianto melakukan penyemprotan hama di sawah petani. (foto: Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Babinsa Koramil 18/BB Sertu Sugianto jajaran Kodim 0203/LKT sebagai pendamping dalam pengecekan hama dan dilanjutkan penyemprotan hama walang sangit Desa Lubuk Kasih bersama Kelompok Tani (Koptan) Suka Mulia 2 dan Ketua Poktan Sunanto dengan luas sawah 14 hektar.

Sertu Sugiono mengatakan, kegiatan salah satu upaya khusus (upsus) babinsa wilayah Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat dalam membantu petani untuk mengatasi permasalahan hama walang sangit dan mengantisipasi penyakit potong leher.

Ini JUGA untuk menghindari gagal panen, sekaligus sebagai upaya mensukseskan program pemerintah bersama TNI yang melibatkan Babinsa, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di bidang ketahanan pangan nasional.

 

Babinsa 01/BK Bajak Sawah Bersama Petani

Kopda Ragil Winarto membajak sawah petani menggunakan traktor. (foto: Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Kerjasama Babinsa dengan petani terus didorong untuk menyukseskan program swasembada pangan,. Diantaranya dilakukan Koramil 01/Binjai Kota Kodim 0203/Langkat yang melakukan pendampingan petani dalam menggarap sawah dalam rangka pelaksanaan tanam serentak bulan mendatang.

Babinsa Koramil 01/Binjai Kota turun langsung ke sawah membantu petani membajak sawah Demplot seluas 0,5 hektar dengan alat bajak modern traktor di Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat. “Mengemburkan sawah saat ini sudah banyak yang menggunakan tenaga mesin diesel, sehingga hasil membajaknya lebih cepat,” kata Kopda Ragil Winarto.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan awal bulan nanti, Demplot Koramil 01/Binjai Kota sudah siap tanam serentak. Demikian juga dengan bibit padi yang ditanam merupakan bibit baru, sehingga perlu penyiapan lahan secara maksimal agar bibit dapat tumbuh dengan baik dan menjadi contoh bagi kelompok tani (poktan) untuk mengembangkan pada jenis Kartika ini.

 

Babinsa Koramil 02/Selesai Semprot Hama Padi

Babinsa Koramil 02/Selesai melakukan penyemprotan hama wereng. (foto: Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi, anggota TNI ternyata juga turut terjun ke lapangan.

Itu pula yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Selesai bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan kelompok tani (poktan) melakukan pendampingan penyemprotan hama wereng di Desa Perhiasan, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Jumat (29/4/2016). 

Ini untuk mewujudkan program peningkatan produksi pangan di Kecamatan Selesai, TNI siap mendampingi petani. Seperti serangan hama, Babinsa akan cepat melaporkan dan melakukan koordinasi dengan UPT dan penyuluh pertanian.

 

Babinsa Dampingi Penyemprotan Hama Padi

Kegiatan penyemprotan dan pengecekan hama burung. (foto: Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Babinsa Koramil 14/Besitang Kodim 0203/Langkat bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Kelompok Tani (Koptan) Desa Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat melaksanakan penyemprotan hama dan pengecekan hama burung. Kegiatatan penyemprotan ini dihadiri Danramil 14/Besitang beserta PPL Kecamatan Besitang dan Ketua Gapoktan Desa Bukit Selamat.

Hama wereng termasuk Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang menjadi musuh petani untuk mencegah meluasnya hama wereng yang menyerang tanaman padi, maka dilaksanakan penyemprotan dengan menggunakan pestisida jenis Buprosida.

“Hama wereng merupakan musuh petani sehingga harus diberantas, apabila tanaman padi sudah diserang wereng maka buah tidak jadi dan menurunkan hasil panen,” jelas Danramil 14/Besitang.

 

Babinsa Pantai Cermin Cek Pengolahan Sawah

Sertu OB Simanjuntak saat memantau sawah petani. (foto: PenreM 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Pada musim kemarau personel TNI dari Koramil 08/Pantai Cermin Sertu OB Simanjuntak aktif dalam memantau sawah di Desa Arah Payung, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Deliserdang, Jumat (29/4/2016).

Secara umum kondisi sawah di Desa Arah Payung masih aman, dalam arti masih menyimpan kelembapan tanah meski tidak mendapat sumber pengairan. Diharapkan dengan doa semua pihak, hujan akan turun seperti minggu sebelumnya meski intensitasnya kecil namun dapat mendukung pertumbuhan padi.

Menurut Sertu OB Simanjuntak, untuk saat ini, kekeringan banyak dialami oleh para petani, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pompanisasi guna mensuplai kebutuhan air area persawahan. Babinsa senantiasa melakukan pengecekan sebagai bagian tanggungjawab dalam upaya khusus pendampingan pertanian.

 

Babinsa 17 Kotarih Laksanakan Perawatan Jagung Bersama Petani

Serka R Purba mencek tanaman jagung petani. (foto: Penrem 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Babinsa Koramil 17 Kotarih Kodim Kodim 0204/DS  Serka R Purba melaksanakan upsus pendampingan terhadap petani dalam rangka mensukseskan program Swasembada pangan khususnya di wilayah Kecamatan Kotarih, Kabupaten Deliserdang, Jumat  (29/4/2016).

“Kegiatan pemeliharaan tanaman jagung jenis hibrida ini dilaksanakan di Desa Durian Kondot, Kecamatan Kotarih. Para petani harus betul - betul ulet dalam melaksanakan pemeliharan tanaman jagung demi meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkap Serka R Purba.

Diharapkan dengan perawatan yang teratur jagung akan tumbuh subur serta tidak diserang hama sehingga menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan. “Jajaran Koramil 17 Kotarih ikut membantu para petani dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan dan Babinsa akan selalu siap ikut aktif melaksanakan pendampingan petani melalui program upaya khusus (upsus),” ungkapnya.

 

Babinsa Labuhan Bilik Pantau Sawah yang Kekeringan

Serda Ratmono melaksanakan pengecekan sawah petani. (foto: Penrem 022/PT)

Labuhanbatu, hetanews.com - Babinsa Koramil 04/Labuhan Bilik Kodim 0209/Labuhanbatu Serda Ratmono bersama Ketua Kelompok Tani (Poktan) Jaya melaksanakan pengecekan ke sawah-sawah milik kelompok dengan luas tanam 20 hektar yang mengalami kekeringan di wilayah Desa Sei Nahodaris, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (29/4/2016).

Dalam kesempatan itu, Serda Ratmono berkesempatan berbincang-bincang langsung dengan Ketua Poktan Rohmawadi. Menurut Rohmawadi, sebagian besar sawah di Desa Sei Nahodaris merupakan sawah tadah hujan banyak yang dilanda kekeringan akibat musim kemarau.

Kebanyakan para petani yang memiliki sawah tadah hujan membiarkan sawahnya tidak ditanami karena kesulitan air hanya beberapa sawah saja yang ditanami.

 

Babinsa Bantu Petani Olah Lahan Pertanian di Jorlang Hataran

Babinsa Koramil 09/TB membantu petani mengolah persawahan petani. (foto: Penrem 022/PT)

Simalungun, hetanews.com - Guna mensukseskan swasembada pangan di wilayahnya, Babinsa Koramil 09/TB bersama petani terjun ke sawah untuk mengolah lahan dengan menggunakan Alsintan” mesin traktor pada Jumat (29/4/2016) di Nagori Dolok Tomuan Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Penggunaan alat mesin dan pertanian (alsintan) traktor pada lahan sawah tersebut diharapkan agar tanah menjadi cepat gembur, serta cepat menyerap humus guna menyuburkan dan mempercepat masa tanam dan pada saat panen nantinya. Dipastikan akan meningkatkan hasil akhir secara finansial, dan membantu meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga mereka akan termotivasi untuk menanam padi dan tidak beralih kepada tanaman lainnya.

Hal tersebut juga mengacu pada perintah Dandim 0207/Simalungun tentang kesungguhan para Babinsa dalam melaksanakan tugas pendampingan kepada para petani.

 

Antisipasi Kekeringan, Babinsa Koramil 08 Sicanggang Cek Saluran Air

Babinsa Koramil 08 Sicanggang mencek saluran irigasi. (foto: Penrem 022/PT)

Langkat, hetanews.com - Mengantisipasi kekeringan dalam program swasembada ketahanan dan pangan, Babinsa Koramil 08 Sicanggang Kodim 0203/Langkat mulai melakukan kroscek/pengukuran saluran air di beberapa saluran irigasi yang mengaliri area persawahan milik para petani.

Pengecekan pompanisasi dan saluran air tersebut dilaksanakan di Desa Kebun Kelapa, Kecamatan Sicanggang, Kabupaten Langkat. Pompanisasi dan saluran air ini mengairi 400 hektar sawah petani di daerah tersebut.

Serasa tak ingin mengalami kegagalan sekaligus penurunan dalam program swasembada tersebut, Danramil 08 Sicanggang menghimbau kepada seluruh Babinsa di jajarannya untuk segera turun tangan melakukan pengecekan saluran air di sejumlah saluran irigasi yang mengairi persawahan milik petani binaan masing-masing personel.

Menanggapai himbauan yang diserukan oleh Danramil, para Babinsa, khususnya Koramil 08 Sicanggang bersama beberapa kelompok tani (poktan) melakukan sweeping bersama ke beberapa saluran irigasi di desa tersebut.

Tindakan itu dilakukannya bersama para petani sekitar untuk mengetahui debet/kapasitas air di sepanjang saluran irigasi milik para petani binaannya tersebut. “Kita sweeping ke beberapa saluran irigasi di desa ini. Apalagi sekarang musim kemarau. Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, kita lakukan kroscek debet air di sepanjang saluran irigasi ini,” kata Babinsa.

Penulis: bt. Editor: aan.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!