HETANEWS

Ini Kegiatan Babinsa Bantu Tugas Petani

Serka Charles Panjaitan memantau persawahan milik petani (Penrem 022/PT)

Babinsa Bantu Petani Pasang Jaring Burung Di Buntu Pane

Simalungun, hetanews - Burung pipit salah satu hama yang paling banyak menyerang tanaman padi dibandingkan hama tikus. Oleh karena itu, agar produksi pertaniannya tidak menurun petani harus mengantisipasi serangan burung pipit itu sejak dini.

Hal itu disampaikan anggota Koramil 13/Buntu Pane Babinsa Silau Maraja Serka Charles Panjaitan pada saat melaksanakan pendampingan dengan membantuLokat Sitorus memasang jaring pengusir burung di atas tanaman padi berumur 60 hari di lahan seluas 0,2 hektar Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji, Jumat (29/4/2016).

Dengan dipasangnya jaring diatas tanaman padi ini diharapkan petani dapat memperoleh hasil panen yang maksimal, sehingga program ketahanan pangan yang telah ditargetkan pemerintah dapat tercapai serta kesejahteraan petani lebih meningkat.

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

Babinsa Buntu Pane Bantu Petani Panen Jagung

Asahan, hetanews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Komando Rayon Militer (Koramil) 13/Buntu Pane, Kodim 0208/Asahan Sertu Susastra dan Serda Toni S melaksanakan pendampingan panen jagung di atas lahan pertanian seluas 1 hektar milik Bambang warga Desa Sionggang, Kecamatan Buntu Pane, Jumat (29/4/2016).

Sertu Susastra mengatakan, panen jagung itu guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang ketahanan pangan di wilayah, Kodim 0208/Asahan.

“Diharapkan kegiatan seperti itu dapat menjadi sumber motivasi bagi petani dan masyarakat lainnya untuk lebih giat dan berpartisipasi dalam membantu pemerintah mensukseskan program ketahanan pangan nasional yang saat ini sedang digalakan," kata Sertu Susastra.

Pemilik jagung Bambang mengatakan, kegiatan ketahanan pangan antara Kodim 0208/Asahan dengan masyarakat setempat sungguh memberikan hasil positif di masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai petani. 

"Kami mengharapkan kerjasama masyarakat dan Kodim dalam bidang pertanian akan terus berlanjut dan menciptakan ketahanan pangan juga kemandirian bagi masyarakat," kata Bambang.

Babinsa Bandar Pulau Lakukan Perawatan Padi di Demplot

 

Asahan, hetanews.com - Anggota Koramil 15/Bandar Pulau Pelda Syahbudin dan Serda Zulkarnain melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian di Dusun I Desa Lobu Rappa Kecamatan Aek Songsongan dalam rangka penyiangan dan pembersihan gulma pada tanaman padi jenis ciherang umur 31 hari milik Demplot Koramil dengan luas lahan 0,8 hektar, Jumat (29/4/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya khusus (upsus) dalam mensukseskan program swasembada pangan, program yang tengah dilaksanakan ini kini sedang memasuki masa tanam II tahun 2016.

Ternyata pertumbuhan tanaman padi di demplot Koramil 15/Bandar Pulau sangat baik hal itu dapat dilihat dari jumlah dapuran atau ikatan batang padi yang relatif lebih banyak di banding tanaman yang ditanam dengan sistim lama. Diharapkan dengan ikatan batang yang banyak hasil yang didapat kelak pada saat panen menjadi lebih banyak.

Pentingnya perawatan pada saat tanam mulai tumbuh berkembang sehingga kegiatan ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dimana dalam satu musim tanam biasanya diadakan dua kali penyiangan atau matun kemudian setelah itu diadakan pemupukan guna perkembangan tanaman menjadi pesat mengingat setelah diwatun tanah menjadi gembur lagi dan pupuk yang ditaburkan akan mudah diserap oleh tanaman sehingga tanaman menjadi subur dan hijau.

Babinsa Rutin Monitor Perkembangan Padi

Langkat, hetanews.com - Bertempat di lahan persawahan milik Babinsa Koramil 04/Kuala Serma TA Sidabutar melaksanakan pendampingan terhadap petani dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan tanaman padi berupa pembersihan rumput liar dan pengecekan perkembangan tanaman padi, Jumat (29/4/2016).

Kegiatan dilakukan bersama dengan Petugas PPL Jibsa Ketaren di lahan seluas 0,25 hektar bersama-sama dengan Sutrisno anggota Kelompok Tani “Sinar Maju” yang diketuai oleh Rusdian, Kelurahan Bela Rakyat, Kecamatan Kuala. 

Dengan adanya program pemerintah tentang Upsus Pajale, Koramil 04/Kuala Kodim 0207/Simalungun akan selalu berupaya dalam mewujudkan program tersebut. 

Koramil akan semaksimal mungkin dalam melaksanakan pendampingan terhadap Poktan yang ada di Kecamatan Kuala agar program menuju swasembada pangan yang sudah direncanakan dapat terealisasi sesuai rencana.

Babinsa Bantu Petani Sirapit Semprot Hama Wereng

Langkat,hetanews.com - Maraknya serangan hama wereng di sentra padi Kecamatan Sirapit, Koramil 05/Salapian Koptu Edy Suwarno dan PPL Rosita melakukan pendampingan penyemprotan padi dari hama wereng. Mereka bersama dengan sejumlah petani yang tanaman padinya terserang wereng, terjun bersama ke sawah di Desa Aman Damai Kecamatan Sirapit, Jumat (29/4/2016).

Informasi mengenai serangan wereng ini didapat dari Babinsa yang bertugas di desa-desa, kemudian melakukan kordinasi dengan penyuluh pertanian, selanjutnya bersama-sama kelompok tani, melakukan penyemprotan. Hal ini sebagai bagian dari komitmen TNI, Kodim 0203/Langkat khususnya Koramil 05/Salapian dalam rangka mendukung sukses program swasembada pangan di Tahun 2016 di Kecamatan Sirapit.

Ditegaskan oleh Koptu Edy Suwarno, para Babinsa siap membantu petani di wilayah Sirapit kapan saja, dengan selalu berkoordinasi bersama PPL dan petani untuk melaksanakan pengendalian pemberantasan hama padi.

Disamping melaksanakan pendampingan secara umum, anggota Koramil 05/Salapian juga ikut melaksanakan penyemprotan bersama dengan warga, kelompak tani di desa yang padinya terserang hama wereng.

Sementara Rosita mengatakan, karena hujan deras yang terus melanda wilayah ini sehingga menyuburkan wereng khususnya wereng coklat berkembang biak. Sehingga sejumlah kelompok tani dan Babinsa Koramil 05/Salapian melakukan penyemprotan pada tanaman padi yang terserang hama. Ini agar serangan hama wereng ini tidak semakin meluas.

Babinsa Binjai Utara Lakukan Pendampingan Penyemprotan Padi Secara Serempak

Binjai,hetanews.com - Babinsa Desa Sambirejo Koramil 16/Binjai Utara Kodim 0203/Langkat Serka Dudi Andika bersama KUPT Kecamatan Binjai Utara, Kepala Desa Sambirejo, PPL dan Poktan melaksanakan penyemprotan secara serempak guna pengendalian hama wereng batang coklat di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai Utara, Jumat (29/4/2016).

Sebelum penyemprotan dilaksanakan pengamatan tanaman terkena hama atau tidak dari KUPT, PPL dan Babinsa di Desa Sambirejo di seluruh Kecamatan Binjai Utara. Dari hasil pegamatan di wilayah tersebut akan diketahui paling banyak serang hama jenis apa, kebetulan di Sambirejo mayoritas hama wereng, sehingga wilayah yang paling parah terserang hama wereng agar pok tani mengajukan obat hama secara gratis.

“Untuk tenaga penyemprotnya sendiri adalah pok tani yang punya sawah dan dibantu Babinsa maupun PPL,” ujar Serka Dudi Andika. 

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari karena cuaca bagus. Kalau faktor cuaca hujan dihentikan, akan menunggu cuaca panas kembali. Apabila panas obat menempel pada tanaman, hama memakan bisa mati, tetapi kalau hujan obat akan larut bersama air hujan hama makan tidak akan mati. Penyemprotan kali ini pada jenis tanaman padi IR 64 dan ciherang,” katanya.

Diharapkan dari pendampingan penyemprotan ini bisa meningkatkan hasil panen para Poktan yang berada di wilayah Binjai Utara Langkat. “Hama wereng bisa mati diharapkan panen bisa maksimal,” pungkasnya.

Koramil 17/Binjai Timur Panen Padi Bersama Petani

Langkat,hetanews.com - Upaya Koramil 17/Binjai Timur dalam mensukseskan program swasembada pangan terus dilakukan, dalam hal ini Babinsa Koramil 17/Binjai Timur membantu pelaksanaan panen padi milikJemingan bersama Kelompok Tani “Anugerah” di Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Timur, Kabupaten Langkat, Jumat (29/4/2016).

Jemingan mengatakan, bahwa pola jajar legowo 4:1 di atas lahan 1,1 hektar terbukti mampu meningkatkan produktifitas dan keberhasilan tanam padi dengan pola tersebut merupakan dukungan bentuk nyata dari pihak Koramil, ungkapnya tersenyum.

Sedangkan, Komandan Koramil (Danramil) 17/Binjai Timur Kapten Inf Ahmad Yani Lubis mengatakan, bahwa kegiatan pendampingan Petani di Desa binaan wilayah Koramil merupakan perintah dari Komando Atas. “Dalam membantu petani, kami bukan hanya membantu pada saat panen saja, namun sejak mulai pembibitan hingga panen ikut terjun di lapangan baik dalam penanaman, pemeliharaan atau perawatan hingga panen bersama,” katanya.

Selain itu, Babinsa Koramil Binjai Timur bersama petugas penyuluh lapangan juga memberikan sosialisasi kepada petani tentang pertanian. “Sehingga usai panen para petani dapat memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam berikutnya,” tambahnya.

Di tempat terpisah Komandan Kodim 0203/Langkat Letkol Inf Roy HJ Sinaga menegaskan, TNI selalu siap mendampingi para petani, dengan cara mengoptimalkan peran para babinsa di desa binaannya masing-masing dan selalu siap berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun demi suksesnya program swasembada pangan Kabupaten Langkat.

Babinsa Bersama Petani Bajak Sawah Di Dolok Masihul

Deliserdang,hetanews.com – Kerja sama Babinsa dengan petani terus didorong untuk menyukseskan program swasembada pangan. Di antaranya dilakukan Koramil 16 Dolok Masihul jajaran Kodim 0204/DS yang melakukan pendampingan menggarap sawah, Sabtu (30/4/2016).

Misalnya dilakukan Serda B Sinaga, Babinsa Koramil 16 Dolok Masihul yang turun ke sawah membantu petani membajak dengan  alat bajak modern traktor di Desa Blok X, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Deli Serdang.

Mengemburkan sawah saat ini sudah banyak  yang menggunakan tenaga mesin diesel sehingga hasil membajaknya lebih cepat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI bersama-sama PPL Kecamatan Dolok Masihul dalam mendampingi para petani dalam bercocok tanam (Pajale), untuk mewujudkan Ketahanan Pangan di Wilayah sehingga tercipta Swasembada Pangan yang mencukupi.

Babinsa Kutalimbaru Batu Petani Merawat Lahan Terong

Deliserdang, hetanews.com - Babinsa Koramil 02 Kutalimbaru Serda Poniman melaksanakan pemeliharaan lahan dengan cara membersihkan lahan tanaman terong di Demplot Koramil 02 Kutalimbaru Kodim 0204/DS, Sabtu (30/4/2016).

Keikutsertaan TNI AD dalam membangun swasembada pangan akan terus dilakukan di wilayah Kodim 0204/DS. “Hal ini telah didasari MoU yang telah ditandatangani pimpinan TNI AD dengan Kementerian Pertanian beberapa waktu silam,” kata Danramil 02 Kutalimbaru.

Sehingga, kata Danramil, para Babinsa di kampung-kampung memiliki andil dalam membantu kesulitan warga yang akan membuka ataupun melakukan perawatan lahan pertanian. Para Babinsa membantu membersihkan dan merawat lahan pertanian tanaman terong.

“Setelah membantu warga membersihkan lahan pertanian, para Babinsa itu memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat dimaksimalkan. Jangan sungkan untuk datang meminta bantuan pada para Babinsa, kami ada untuk membantu masyarakat,” tutur Serda Poniman.

Babinsa Perbaungan Monitoring Percepatan Tanam Padi

Sergai,hetanews.com - Babinsa Koramil 07 Perbaungan melaksanakan kegiatan pertanian dengan memonotoring percepatan tanam padi di Desa Bayas Kecamatan Perbaungan, Sabtu (30/4/2016).

Dalam upaya khusus (upsus) pengendalian dan pengawalan harus terus menerus di lakukan untuk mengikuti perkembangan dan kegiatan para petani di lapangan, apakah ada terus peningkatan atau belum, bila dalam pelaksanaannya belum berpengaruh terhadap peningktan produktifitasnya para petani harus lebih di giatakan kembali.

Pembinaan kepada para kelompok tani harus terus diingatkan dan dimonitoring setiap saat agar target tanam dan panen dapat tercapai dengan maksimal.

Disamping itu, monitoring ini perlu dilaksnakan untuk mewaspadai adanya hama seperti tikus, wereng, penggerek batang, kresek, dan ganjur kewaspadaan harus dilakukan sejak dini. Jangan sampai terlambat jangan beri kesempatan hama perusak tanaman padi berkembang dan mengakibatkan gagal panen.

Babinsa Koramil Sibiru-Biru Tinjau Budidaya Jagung

Deli Serdang,hetanews.com - Koramil 04 Sibiru-biru Kodim 0204/DS Koptu Rahmat Sinaga melaksanakan pendampingan pertanian dengan memantau perkembangan pertumbuhan jagung di lahan bapak Yuswadi warga Desa Candirejo Kecamatan Birubiru, Sabtu (30/4/2016).

Danramil 04 Sibirubiru, memastikan seluruh anggotanya secara intensifkan melakukan pendampingan petani untuk memonitoring tanaman padi, jagung dan kedelai.

Para Babinsa di Koramil 04 Sibiru-biru saya perintahkan untuk turun ke sawah membantu petani, mengceken keadaan tanaman yang selama ini sudah dilaksanakan. “Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Danramil.

Babinsa diperintahkan ikut mengawasi tanaman pertanian di desa binaannya masing-masing untuk mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal.

Babinsa Koramil Sunggal Bajak Sawah Bersama Petani

Deli Serdang, hetanews,com – Kerja sama Babinsa dengan petani terus didorong untuk menyukseskan program swasembada pangan. Di antaranya dilakukan Koramil 01 Sunggal Kodim 0204/DS yang melakukan pendampingan petani menggarap sawah.

Sertu Manurung Babinsa Koramil 01 Sunggal turun langsung ke sawah membantu petani bapak Niman Perangin-angin membajak dengan alat bajak modern traktor di Desa Serbajadi Kec. Sunggal, Sabtu  (30/4/2016).

“Mengemburkan sawah saat ini sudah banyak yang menggunakan tenaga mesin diesel sehingga hasil membajaknya lebih cepat,” kata Sertu Manurung .

Kegiatan itu, dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI bersama-sama PPL Kecamatan Kedungbanteng dalam mendampingi para petani dalam bercocok tanam (pajale).

“Ini semua dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan, sehingga tercipta swasembada pangan yang mencukupi,” katanya.

Babinsa Membersihkan Rumput Untuk  Pertumbuhan Tanaman Jagung

Sergai,hetanews.com - Babinsa Koramil 17 Kotarih Serma R. Sitorus melaksanakan pendampingan pertanian membantu petani membersihkan rumput pengganggu tanaman jagung yang sudah berumur 30 Hari di Desa Kotarih Baru Kecamatan Kotarih, Sabtu (30/4/2016).

Tanaman jagung tersebut perlu di rawat agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

Babinsa Koramil 03/Lima Puluh Bersama Petani Panen Padi

Batubara,hetanews.com - Babinsa Koramil 03 Lima Puluh Kodim Kodim 0208/As Koptu Sutikno melaksanakan pendampingan panen padi milik Irpan seluas 10 rante di Desa Perupuk Dusun 6 Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sabtu (30/4/2016).

Dalam proses panen padi tersebut Babinsa Koramil 03 Lima Puluh dan para petani tampak semangat saat memotong tanaman padi. "Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini," ungkap Koptu Sutikno.

Komandan Koramil 03 Lima Puluh membenarkan, bahwa dalam menyukseskan program swasembada pangan ini, Angkatan Darat memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun kelapangan dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya progam pertanian ini.

Sementara itu pemilik lahan Irpan menyampaikan, masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. 

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

Rakor Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak di Simalungun

Simalungun,hetanews.com - Kasdim 0207/Simalungun Mayor Inf Adi Sutrisno menghadiri Rapat Koordinasi TNI-Polri terkait Kesiapan Pengamanan Pilkades serentak Tahun 2016 di aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun, Jumat (29/4/2016).

Rakor diikuti peserta sebanyak 40 orang terdiri dari para Kapolsek sejajaran Polres Simalungun dan Danramil sejajaran Kodim 0207/ Simalungun.  

Kapolres Simalungun, AKBP  Yofie Girianto Putro, secara resmi membuka kegiatan Rakor ini. Turut hadir dalam Rakor yakni Waka Polres Simalungun Kompol Zainuddin,, Kasdim 0207/ Simalungun Mayor Infanteri  Adi Sutrisno dan Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Hendrawan.

Dalam sambutannya, Yofie menyampaikan bahwa Polri dan TNI harus bersinergitas dan sungguh-sungguh dalam melakukan pengamanan terhadap seluruh rangkaian kegiatan Pemilihan Kepala Desa se-Kabupaten Simalungun yang akan dilaksanakan secara serentak.

Penulis: bt. Editor: aan.