HETANEWS.COM

SBSI Siantar Serukan 13 Tuntutan dalam Hari Buruh Sedunia

FTA SBSI Solidaritas Kota Siantar saat melakukan konvoi di inti Kota Siantar dalam rangka Hari Buruh dan menuntut agar pemrintah menghapuskan simtem kontrak, Minggu (1/5/2016). (Foto : Lazuardy Fahmi)

Siantar, hetanews.com - Dalam rangka Hari Buruh Sedunia atau yang biasa disebut Mayday yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, ratusan buruh yang tergabung dalam DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Siantar, melakukan aksi demonstrasi dan konvoi/pawai di jalan-jalan utama Kota Siantar.

Buruh ini berkumpul di kantor DPC SBSI Siantar, Jalan WR Supratman, Kecamatan Siantar Barat, Minggu (01/05/2016) sekira pukul 10.00. Massa aksi ini tanda dengan ikat di kepala bertuliskan DPC SBSI Siantar. Massa ini dipimpin ketua DPC SBSI Siantar, Maurit Siahaan dan sekretaris Fransiskus Silalahi.

Meskipun sudah ada ketentuan tentang jam kerja, nasib kaum buruh saat ini khususnya di Indonesia masih jauh dari kata sejahtera dimana masih banyak lagi upah buruh dan hak normatif lainnya masih jauh dari bawah rata-rata.

“Masih banyak kaum buruh di Kota Siantar yang mendapatkan upah dibawah UMK Rp 1.815.000, hak-hak normatif lainnya belum terpenuhi dan bahkan banyak masih berstatus buruh harian lepas (BHL), buruh kontrak serta out sourcing,” kata Maurit didampingi Fransiskus seperti yang tertulis dalam pernyataan sikapnya.

Adapun 13 tuntutan SBSI Siantar dalam hari buruh sedunia ini yakni:
1. Revisi dan naikkan upah minimum provinsi Sumut sebesar 30%.
2. Tolak Tax Amnesty
3. Tolak Investor dari Cina yang membawa pekerja dari Cina
4. Cabut PP no 78 tahun 2015
5. Cabut PP no 45 tahun 2015
6. Hentikan perbudakan buruh di perkebunan, kelautan dan pertambangan
7. Hapuskan sistem kontrak dan out sourcing
8. Tangkap pengusaha pelanggar hak normatif
9. Hapus peraturan pelarangan mogok di wilayah industri
10. Naikkan upah PNS, TNI/Polri
11. Verifikasi ulang serikat pekerja/serikat buruh
12. Ganti dewan pengupahan
13. Aktifkan kembali LK3 Tripartit

Penulis: ndo. Editor: des.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!