HETANEWS.COM

Ini Kegiatan Babinsa Dampingi Petani Wujudkan Program Swasembada Pangan

Proses penghaluan burung yang dilakukan babinsa bersama petani. (foto : Penrem 022/PT)

Babinsa Lakukan Pengendalian Serangan Hama Burung

Labuhan Batu, hetanews.com - Babinsa Koramil 08/Rantau Prapat Serda Genta Hutabarat melaksanakan pendampingan Hnpang di Kelurahan Aek Paing, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu. Serda Genta Hutabarat melakukan pengendalian hama burung bersama petani setempat.

Kegiatan ini menjawab keluhan sejumlah petani di Kelurahan Aek Paing, bahwa hama burung pipit (sise­ret) dan sejenisnya me­nyerang bulir tanaman padi. Berbagai jenis hama bu­rung ini merusak, menghisap, dan memakan biji bulir padi yang baru keluar yang nantinya akan menjadi gabah.

Salah seorang petani mengung­kap­kan, hama burung pipit dan sejenisnya itu menyerang, ke­tika tanaman padi mulai mengeluarkan bulirnya dan menunjukkan munculnya biji gabah.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Serda Genta Hutabarat me­nyampaikan, biasa­nya hama burung ini berdatangan dari hutan pada pagi dan sore hari. Saat ini, petani harus intens melakukan pekerjaan mengusir hama burung. Hal ini dilaku­kan hingga memasuki masa panen.

“Kalau tidak dijaga, tana­man akan rusak dan biji padi akan habis dihisap, sehingga tidak bisa lagi dipanen,” ucap­nya.

Genta menyampaikan, hama burung ini ganas meru­sak dan menghisap biji bulir tanaman padi. Akibat banyak hama burung ini, mereka se­bagai pe­tani terpaksa mem­buat orang-orangan yang ter­buat dari kain menyerupai manusia dan hotor-hotor (su­atu benda bunyian terbuat dari kaleng dengan menggunakan tali) di areal persawahan untuk menakut-nakuti burung agar menjauh dari tanaman.

“Itupun tanaman harus tetap dijaga setiap hari, tidak bisa hanya meng­andalkan orang-orang dan hotor-hotor. Sebab, hama burung ini susah diusir, jadi harus dijaga ketat setiap harinya, kalau tidak bisa habis biji tanaman dima­kan,” ucapnya.

Babinsa Cek Sawah Tadah Hujan yang Kekeringan

Labura, hetanews.com - Pada musim kemarau personel TNI dari Koramil 07/Aek Kota Baru Serda Sugino juga aktif dalam memantau sawah di Desa Pematang,  Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura).

Secara umum kondisi sawah di Desa Pematang masih aman, dalam arti masih menyimpan kelembapan tanah meski tidak mendapat sumber pengairan. Diharapkan dengan doa semua pihak, hujan akan turun seperti minggu sebelumnya meski intensitasnya kecil namun dapat mendukung pertumbuhan padi.

Menurut Serda Sugino, untuk saat ini, kekeringan banyak dialami oleh para petani, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pompanisasi guna mensuplai kebutuhan air area persawahan. Babinsa senantiasa melakukan pengecekan sebagai bagian tanggungjawab dalam upaya khusus pendampingan pertanian.

Upaya tersebut ditempuh karena irigasi yang ada tidak cukup memasok air untuk kebutuhan pertanian sehingga harus dibantu dengan sumur pantek. Keterbatasan tidak adanya pompa penyedot air diharapkan pok tani mendapat bantuan berupa pompa penyedot air minimal 2 unit di setiap kelompoknya dengan demikian kendala kekurangan air dapat teratasi.

“Harapan saya pihak Distannak setempat akan memperhatikan kendala tersebut dan memberikan bantuan mesin penyedot air di tiap kelompok-kelompok tani yang membutuhkan, dan mudah-mudahan program swasembada pangan akan tercapai”, ujar Sugino.

Pantau Sawah Yang Kekeringan

Labuhanbatu, hetanews.com - Babinsa Koramil 04/Labuhan Bilik Kodim 0209/Labuhanbatu Serka Leo Budiman bersama Ketua Kelompok Tani (Kapoktan) Makmur, Kohir melaksanakan pengecekan kesawah-sawah milik kelompok itu dengan luas tanam 250 hektar yang mengalami kekeringan di wilayah Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam kesempatan itu, Serka Leo Budiman berkesempatan berbincang-bincang langsung dengan Atan pemilik sawah. Menurut Atan, sebagian besar sawah di Dusun I Desa Sei Rakyat merupakan sawah tadah hujan banyak yang dilanda kekeringan akibat musim kemarau.

Kebanyakan para petani yang memiliki sawah tadah hujan membiarkan sawahnya tidak ditanami karena kesulitan air hanya beberapa sawah saja yang ditanami.

Sertu Hariono berkesempatan mengecek saluran irigasi yang sudah tidak berfungsi, karena minimnya curah hujan pada beberapa bulan terakhir.

Babinsa Bantu Warga Buat Jamban

Labuhanbatu, hetanews.com - Kodim 0209/Labuhanbatu melalui Koramil 12/Langga Payung Serka Andara dan Praka Salo membantu masyarakat di Dusun Karang Sari Desa Sabungan, Kecamatan Sei Kanan, Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) dalam bentuk pembuatan jamban sehat di rumah milik Tutnan.

Program pembuatan jamban sehat ini merupakan bentuk kegiatan Babinsa Koramil jajaran Kodim 0209/Labuhanbatu dalam mendukung program ‘Sejuta Jamban’ yang dicanangkan pemerintah dengan sasaran lingkungan masyarakat yang belum memiliki jamban.

Adapun sasaran pembuatan jamban tersebut diperuntukkan bagi warga masyarakat kurang mampu yang belum memiliki  jamban sehat di tempat tinggalnya.

Pembuatan jamban yang sehat sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan harus mendapat perhatian khusus karena jamban merupakan suatu tempat pembuangan kotoran/tinja yang dapat berdampak bagi kesehatan masyarakat.

Babinsa Bantu Warga Lakukan Pengairan Sawah

Binjai, hetanews.com - Babinsa Koramil 01/Binjai Barat, Kopda Ragil Winarto terjun ke lapangan melakukan pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Pujo Mulyo pengairan di lahan tanaman padi seluas satu hektar yang hampir mengering.

Kopda Ragil Winarto dengan sigap langsung terjun ke lapangan setelah mendapatinformasi sawah milik Mukijoanggota dari Poktan Pujo Mulyo terancam gagal panen.

Menurut penuturan Ragil, sawah milik Mukijo terancam gagal panen, disebabkan selain kurangnya pengairan, lahan tersebut tadah hujan. Sedangkan musim hujan tahun ini sementara belum merata.

“Perlu kerja keras untuk mempertahankan tanaman padi tersebut. Sementara untuk memenuhi kebutuhan pengairan, sambil menunggu hujan turun, pengairan di ambilkan dari sumur patek yang ada disekitar lahan dengan cara menarik selang sepanjang puluhan meter, ini usaha sementara yang harus dilakukan,” jelasnya.

Mukijo pemilik lahan, menyampaikan terimakasih kepada Babinsa Kopda Ragil Winarto yang berperan aktif membantu kesulitannya maupun masyarakat desa setempat. Ia berharap, kegiatan seperti ini agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Babinsa Bantu Poktan Semprot Hama Padi

Langkat, hetanews.com - Koramil 04/Kuala Kodim0203/Langkat,Sertu S Pardosi melaksanakan kegiatan penyemprotan hama padi jenis ciherang milik Legimin anggota Kelompok Tani (Poktan) Satipa di lahan seluas1 hektar di Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

Penyemprotan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesuburan terhadap tanaman padi dan untuk sebagai langkah menanggulangi serangan hama tanaman padi bisa berjalan dengan efektif.

Babinsa dalam membantu para petani adalah upaya khusus (upsus) untuk mendukung atau menyukseskan program ketahan pangan yang diprogramkan oleh pemerintah. Ini diwujudkan derngan pendampingan dan pengawalan langsung membantu petani mulai dari pengolahan sawah dan penyemprotan hingga sampai panen.

Legimin merasa sangat senang dengan adanya Babinsa yang mau terjun langsung ke lapangan dan melaksanakan penyemprotan hama padi di lahan miliknya. “Ini memberi motivasi pada kami agar dalam mengarap sawah lebih bersemangat dan panen tahun ini lebih bagus,” katanya.

Babinsa Salapian Lakukan Pendampingan Panen Padi di Serapit

Langkat, hetanews.com - Anggota Koramil 05/Salapian Serka Hendra bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Suyadi mendampingi kegiatan panen padi di lahan seluas 0,6 hektar yang dilaksanakan oleh kelompok tani (poktan) di lahan milik Darno di Desa Gunung Tinggi, Kecamatan Serapit, Kabupaten Langkat.

Serka Hendra mengatakan, dengan pendampingan yang rutin dilaksanakan oleh Babinsa, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen maka pada sekarang ini dapat menghasilkan padi yang cukup baik. “Walaupun ada kendala di sana sini, tetapi dengan kesabaran semua dapat diatasi,” katanya.

Setelah panen ini, Serka Hendraakan senantiasa mengajak kepada petani supaya segera melaksanakan pengolahan tanah untuk masa tanam berikutnya. Sehingga diharapkan tidak terlalu lama sawah dapat ditanami kembali.

“Diharapkan petani juga bisa ikut mensukseskan program swasemabada pangan pemerintah,” kata Hendra.

Panen Kacang Hijau Meningkat Berkat Pendampingan Babinsa

Langkat, hetanews.com - Babinsa Koramil 09/Hinai Kodim 0203/Langkat, Serma Sugianto membantu petani panen hijau dilahan milik Ngatinah anggota Kelompok Tani(Poktan) Sidomakmur” Dusun VII Desa Muka Paya, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kodim 0203/Langkat. Hal ini sesuai dengan program peningkatan swasembada pangan Indonesia yang harus mampu mencapai swasembada pangan dalam kurun waktu 3 tahun.

Serma Sugianto menyampaikan, guna mewujudkan program tersebut diperlukan peran serta partisipasi dari TNI AD untuk mendukung tercapainya kebijakan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Kodim 0203/Langkat melaksanakan kegiatan upaya khusus ketahanan pangan melalui kerja sama dengan pemerintah daerah khususnya Dinas Pertanian (Distan) untuk mendukung dan melakukan pengawalan serta pendampingan yang dilakukan oleh para Babinsa terhadap Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) maupun para petani di lapangan. “Kegiatan petani panen kacang hijau ini dalam pengerjaanya dilakukan oleh petani serta didampingi oleh para Babinsa,” urainya. 

Sebagian besar petani kacang hijau di Kabupaten Langkat, saat ini sudah mulai melakukan panen. Dibanding sebelumnya, hasil panen dan harga kacang hijau di tingkat petani mengalami peningkatan.

”Untuk tanaman kacang hijau, itu memang bisa dipanen dua kali. Namun biasanya, untuk panen yang kedua kali tidak sebanyak yang pertama,” ujarnya.

Selain itu, rata-rata petani juga mengaku bahwa panen di tahun ini bisa dinilai berhasil dibanding tahun lalu. Sebab, tahun lalu tanaman kacang hijau mayoritas terserang hama.

Babinsa Bantu Petani Pembersihan Rumput di Sawah

Batubara, hetanews.com - Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri. Akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

"Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari,” kata Babinsa Koramil 03/Limapuluh Kodim 0208/AsahanSerka R. Hutasoit bersama rekannya Sertu Alhusein Damanik pada saat mendampingi petani Mulianto di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, dalam rangka pembersihan rumput guna pengendalian hama.

Adapun tanaman padi tersebut sudah umur padi jenis bibit ciherang dengan luas lahan 0,6 hektar. Tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Petani Dibantu Babinsa Laksanakan Pemupukan Padi

Asahan, hetanews.com - Babinsa Koramil 15/Bandar Pulau Serka Muklis jajaran Kodim 0208/Asahan melaksanakan pemupukan pada pada tanaman padi d iluas lahan 1,2 hektar dengan pupuk bersubsidi, bertempat di sawah milik Karnel Aruan warga Dusun I Desa Lobu Rappa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

Dalam pelaksanaan pemupukan padi dengan pupuk bersubsidi dari kios pupuk yang ada, Babinsa Serka Muklis memotivasi petani dalam mengolah tanaman padi dan mencari keterangan pupuk yang diterima sesuai dengan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), serta harga yang telah ditentukan dari keterangan petani Dusun I Desa Lobu Rappa.

Serka Muklis dapat merasakan petani yang mengerjakan lahan tadah hujan sangat terasa kekurangan air pada musim kemarau dan pemupukan curah hujan sudah berkurang, apalagi padi sudah mulai berbuah maka petani sudah mulai memakai pompa air.

Ini belum lagi ditemukannya hama walang sangit, sehingga berpikir lagi usaha penyemprotan untuk berhasilnya panen guna mewujudkan swasembada pangan nasional.

Babinsa Panen Padi Bersama Petani

Asahan, hetanews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Buntu Panemendampingi Kelompok Tani memanen dan merontokkan padi di Desa Bangun Sari, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan. 

Pendampingan itu dilakukan Serda Sugito dan Serda Mikdar bersama petani melaksanakan panen padi sawah milik Tunut dengan luas lahan 1,3 hektar, dengzan hasil panen maksimal. "Kami berharap kepada masyarakat agar ikut serta dalam menyukseskan Program Swasembada Pangan," sebut Serda Sugito.

Sedangkan, Tunut mengatakan, masyarakat sangat senang karena Babinsa membantu kegiatan para petani. "Dengan adanya program baru TNI, para Babinsa terjun langsung ke lapangan untuk membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani sangat membantu serta dapat meningkatkan kesejahteraan para petani," katanya.

Di samping itu, kata dia, dengan adanya hasil panen yang cukup bagus dari para petani setelah mendapatkan pendampingan dari Babinsa. "Diharapkan hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga kami para petani bisa ikut menciptakan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan," ujar Tunut.

Babinsa Lakukan Pemberantas Hama Keong Mas

Asahan, hetanews.com - Babinsa Pendamping Upsus Koramil 13/Buntu Pane Pelda I. Ginting dan petani Bpk Patar Ambarita melaksanakan pemberantasan hama keong mas di areal sawahseluas 1,5 hektar di Desa Silau Maraja, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan.

Pelda I Ginting turun langsung ke sawah berburu dan memerangi hama keong emas (Siput Murbey). Tujuan dilaksanakan pemberantasan hama keong emas ini agar lahan sawah yang sudah di tanami padi ini dapat berkembang dengan baik dan subur.

Tidak tanggung-tanggung dalam berburu hama keong emas kali ini Pelda I Ginting menemukan ratusan hama keong mas di lahan pertanian Desa Silau Maraja ini.

Ginting mengatakan, di wilayah areal persawahan Kecamatan  Setia Janji ini memang banyak ditemukan hama keong emas   "Oleh sebab itu saya mengajak para petani untuk terus melakukan kegiatan berburu ini agar padi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," katanya.

Babinsa Giatkan Pengecekan Tanaman 

Asahan, hetanews.com - Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Enjang menginstruksikan kepada Bintara Pembinan Desa (Babinsa) untuk melaksanakan pengecekan pada tanaman Pajale yang mulai tanam di musim ini.  Di samping itu para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi, jagung dan kedelai di wilayah Kabupaten Asahan.

“Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Letkol Inf Enjang saat mengisi jam komandan di Aula Makodim 0208/Asahan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2017, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0208/Asahan.

Mengingat, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk menyukseskan program swasembada pangan berupa padi, jagung, dan kedelai (pajale) itu.

Sementara pantauan di lapangan, Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge Serda L Siringo-ringo melaksanakan pengecekan dan penyiangan atau pembersihan gulma rumput di sekitar tanaman jagung usia 64 hari di lahan jagung milik petani Dusun IV Desa Bandar, Kecamatan Pasir Mandoge.

Siringo-ringo mengatakan, tanggungjawab mengawal petanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin.

“Untuk mencapai hasil yang maksimal, Babinsa diperintahkan ikut menemani petani menanam padi di sawah agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal”, pungkasnya.

Babinsa Meranti Lakukan Pendampingan Panen Padi

Asahan, hetanews.com - Babinsa Koramil 18/Meranti Sertu Nainggolan melaksanakan panen padi jenis ciherang bersama warga Desa Panca Arga Dusun I Meranti di sawah milik marga Tarigan.

Padi jenis ciherang di wilayah Meranti pada musim panen ini tergolong sangat bagus terbukti dari hasil panen hampir mencapai 6,2ton per hektarnya.

Petani Desa Panca Arga yang lahan sawahnya belum terdukung pengairan sepenuhnya, hanya mengandalkan hujan dan sumur sedot namun pada musim panen ini sudah dapat meningkatkan  hasil produk gabah yang berkualitas.

Di sela-sela kegiatan merontok padi, Sertu Nainggolan juga mengatakan kepada para petani untuk selalu aktif dalam menggarap sawah. “Karena lahan sawah di Desa Panca Arga berbeda dengan di wilayah lain yang sebagaian besar sudah terdukung saluran irigasi,” ujar Sertu Nainggolan.

Dia juga menyampaikan untuk tanam April-September 2016 menggunakan sistim jajar legowo sesuai arahan dari Distannak Kabupaten Asahan. Karena dengan cara tanam ini lebih unggul disamping cara lama, dalam perawatan dan pengendalian hama serta perkembangan pohon padi akan menjadi tumbuh sehat yang akan menunjang hasil panen yang lebih baik sebagai upaya peningkatkan program swasembada pangan 2017 mendatang.

Babinsa Bantu Petani Kendalikan Gulma

Asahan, hetanew.com - Babinsa Koramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/AsahanSertu Sutarno membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di lahan jagung milik Tukino Dusun IV Desa Silomlom, Kecamatan Simpang Empat. Kabupaten Asahan, dengan luas lahan 2 hektar.  

Sertu Sutarno menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya jagung. Persaingan gulma dengan jagung dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Lanjut Sutarno, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan jagung, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

Di samping itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman jagung. Apabila membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas menimbulkan kerugian.

“Pengendalian gulma pada tanaman jagung, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” imbuhnya dan berharap, dengan adanya kegiatan itu, tanaman jagung akan tumbuh subur dan hasil panen maksimal.

Penulis: bt. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan