Siantar, hetanews.com  - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD-IPK) Siantar melalui Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Siantar Timur melakukan kegiatan bhakti sosial untuk lanjut usia (lansia) di daerah Jalan Linggar Jati Lorong 1 BDB, Kecamatan Siantar Timur, Sabtu (23/4/2016).

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pengecekan kesehatan gula darah, tensi darah dan kesehatan tulang. PAC IPK Siantar Timur juga membagikan susu untuk tulang entrasol dan sejumlah obat-obatan secara gratis. Kegiatan pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan tim medis pihak Rumah Sakit Horas Insani (RSHI).

Tim medis melakukan pemeriksaan tekanan darah pada lansia. (foto: Tommy Simanjuntak)

Ketua PAC IPK Siantar Timur. Romeyan Siahaan menjelaskan, bahwa sebelumnya telah dilakukan sosialisasi dan pendataan pada warga di Kelurahan Merdeka, khusus lansia. Terdapat sekitar 100 orang warga mendapatkan bantuan berobat gratis. Namun pihak IPK memberikan persiapan lebih dari jumlah warga.

"Rencananya, kegiatan bhakti sosial ini akan digelar setiap di masing – masing kelurahan di Kecamatan Siantar Timur. Jadwal kali ini Kelurahan Merdeka dan akan disusul Kelurahan Siopat Suhu,” sebutnya.

Romeyan menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga, khususnya para lansia di Kecamatan Siantar Timur. "Karena kita melihat secara jelas bantuan tunai dari pemerintah tidak seluruhnya mampu menjangkau masyarakat. Dengan rangkaian kegiatan ini secara tidak langsung kita mendata warga yang tidak mampu di Siantar Timur. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan data yang baik pada masyarakat,” ungkapnya.

Ketua IPK Siantar, Daniel Silalahi juga menyempatkan diri melakukan pengecekan kesehatan. (foto: Tommy Simanjuntak)

Ketua DPD IPK Siantar, Daniel Silalahi yang hadir dalam kegiatan itu, mendorong seluruh PAC IPK bergerak memberikan sumbangsih positif, dengan bantuan yang menyentuh langsung kebutuhan warga.

"Ini bagian dari bansos DPD IPK bekerjasama dengan PAC dan saat ini yang melaksanakan PAC Siantar Timur. Harapan kita kepada PAC lain supaya meningkatkan sumbangsih pada masyarakat, karena sekecil apapun itu tentu bermanfaat. Saya juga mendorong supaya semua PAC-PAC IPK saling memacu diri dan berlomba memberikan yang terbaik kepada warga,” jelasnya.

Bentuk kepedulian ini, kata Daniel, pihaknya telah menghibahkan bantuan mobil ambulans yang bisa dipakai seluruh masyarakat. Pengelolaanyadilakukan di DPD IPK Siantar. “Jadi, kalau ada warga yang membutuhkan bantuan mobil ambulans, IPK Siantar siap memberikan bantuan,” sebut Daniel.