HETANEWS

Agustus Digelar Pemilihan Pangulu Serentak di Simalungun

Aksi demo ratusan pangulu menuntut pembayaran honor yang tertunggak selama 6 bulan beberapa waktu lalu (foto : Dani)

Simalungun, hetanews.com - Pemilihan Pangulu (Kepala Desa) untuk pertama kalinya akan dilakukan secara serentak di Kabupaten Simalungun di 258 nagori (desa) yang saat ini dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Pangulu, paling lama pada bulan Agustus 2016.

"Untuk 258 nagori tersebut paling lama dilakukan pemilihannya di bulan Agustus,” sebut Ketua DPRD Simalungun, Johalim Purba kepada wartawan, Kamis (7/4/2016).

Dijelaskan Johalim, prediksi untuk pelaksanaan pemilihan panglu secara serentak tersebut berkaitan dengan masa tenggang waktu selesainya pembahasana Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Desa menjadi Peraturan Daerah (Perda). "Perda itu menjadi acuan guna pemilihan pangulu yang dilakukan secara serentak," ujarnya.

Johalim mengatakan, diprediksi Ranperda itu akan selesai pada 29 April 2016, maka selanjutnya dapat dilakukan untuk persiapan pemilihan pangulu secara serentak.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Nagori (BPMN) Kabupaten Simalungun, Topot Saragih beberapa waktu lalu mengungkapkan, bahwa untuk pemilihan nagori dilakukan dalam tiga tahap.

"Untuk tahap pertama bagi 258 nagori akan dilakukan pada tahun 2016, sedangkan sisanya pada tahun 2017 dan 2018," ujar Topot dan menambahkan, masa jabatan pangulu menjadi enam tahun.

Penulis: soni. Editor: aan.