HETANEWS

Kepsek SMP Terpadu: Tugas Utama Siswa Belajar dan Berprestasi

Kepsek SMP Terpadu T Asmaliah (foto : Aguswan)

Tebingtinggi, hetanews.com - Pendidikan merupakan sarana mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itu tugas para siswa yang utama adalah belajar dan berprestasi, disiplin dan patuh serta hormat kepada orang tua, gur, dan pemimpin.

 Hal itu disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 10 (SMP Terpadu) T Asmaliah yang juga Kepsek SD Negeri 163080 Jalan Sutomo, Kota Tebingtinggi ini, Rabu (6/4/2016).

Asmaliah menjelaskan, jumlah siswa SMP Terpadu sebanyak 120 orang dan  SD Negeri 163080 347 orang. Sementara guru beserta para staf di SMP Terpadu ini berjumlah 36 orang, termasuk tenaga administrasi dan satpam.

Ternyata sekolah ini telah banyak mengukir prestasi, baik di bidang pelajaran dan olahraga. Prestasi yang diraih di SD Negeri 163080 yakni, juara I lomba membaca ayat suci Al’quran (ayat pendek) dalam rangka Maulid Nabi 2014 tingkat SD se Kota Tebingtinggi, juara I olimpiade matematika SD tahun 2015, dan juara III tenis meja tingkat SD tahun 2015.

Selanjutnya, juara I bulu tangkis tingkat SD tahun 2015, juara II Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD 2015, juara harapan I tari kreasi baru putra-putri SD, juara III matematika O2SN 2016 dan juara I olimpiade IPA.

Sementara prestasi SMP Terbuka adalah juara harapan I lomba anak nasional 2015 tingkat SMP Kota Tebingtinggi, juara III Olimpiade siswa dalam rangka Hari Pahlawan dan juara I taekwondo dalam kejuaraan  USU Cup Open 2015

Para guru juga menorehkan prestasi diantaranya, juara III tingkat nasional Mobile Education 2015, juara I lomba karya tulis ilmiah guru tingkat provinsi 2015dan juara I olimpiade inovasi guru tingkat Tebingtinggi 2015.

Disinggung fungsi dan peranan orang tua maupun guru dalam mencegah bahaya narkoba, Asmaliah yang menjadi Kepsek SMP Terpadu sejak tanggal 7 Agustus 2015 ini menuturkan, para guru telah memberikan pembekalan agar para siswa dapat terhindar dari bahaya nasional ini .

“Kami memberikan bimbingan dan penerangan setiap hari Senin. Sekolah ini juga mendapatkan bimbingan dari Dinas Pendidikan (Disdik), Pemko Tebingtinggi, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan dan Kepolisian setempat,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga menerapkan disiplin agar para siswa fokus dalam belajar, dengan bentuk kongkritnya setiap pagi khusus pelajar SMP diterapkan bahwa pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru wajib bukunya langsung diterima dan diperiksa setiap pagi sebelum memasuki ruang belajar.

“Ini langkah kongkrit disiplin yang kami terapkan. Kepada orang tua anak didik agar berpartisipasi langsung mensukseskan program pendidikan nasional, termasuk mengingatkan putra putrinya mengenai pekerjaan sekolah dan belajar di malam hari mulai pukul 19.00 - 21.00 WIB. Ini telah ditetapkan Pemko Tebingtinggi sebagai jam wajib belajar. Dengan demikian anak didik kita dapat terhindar dari bahaya narkoba dan tentunya akan menorehkan prestasi gemilang,” sebutnya mengakhiri.

Penulis: aguswan. Editor: aan.