HETANEWS

MoU Ditandatangani, STA Segera Dibangun

Dirut PD PAUS Herowhin Sinaga dan Dirut PT Laksana Perkasa Romuli Fakhrizal Batubara, saat menyerahkan berkas MOU. (Foto : Lazuardy Fahmi)

Siantar, hetanews.com - Setelah hampir sukses dengan Pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) dan pembangunan SOHO dan Siantar City Mall, Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS), akan segera memanfaatkan Stasiun Terminal Agrobisnis (STA) di eks Terminal Sukadame, Parluasan Keluarahan Suka Dame Kecamatan Siantar Utara.

Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan Memory of Understanding (MoU) dengan investor PT Laksana Perkasa Ronauli di rumah dinas Wali Kota Siantar, Jalan M H Sitorus Kecamatan Siantar Barat, Selasa (5/4/2016) yang disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jumsadi Damanik dan Unsur Pimpinan Daerah (Uspida). Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Laksana Perkasa Romauli Fakhrizal Batubara dan Dirut PD PAUS Herowhin TF Sinaga.

Sebelum penandatanganan, Herowhin, menjelaskan bahwa akan dilakukan tiga pembangunan untuk STA. "Kita akan lakukan tiga jenis pembangunan yakni pembangunan kios, rumah toko (ruko) dan tiga fasilitas lainnya," sebutnya.

Herowhin pun menjelaskan satu persatu, untuk kios akan dibangun 238 unit terlebih dahulu. "Kios ini akan diperuntukkan untuk pedagang ataupun pengontrak," ucapnya.

Untuk ruko, kata Herowhin akan difungsikan untuk kantor dan tempat penempatan barang-barang dagangan dari hasil perkebunan. "Kita juga akan membangun 14 unit ruko  dan sebagai tempat untuk penitipan barang-barang hasil perkebunan yang akan dijual," katanya.

Tiga fasilitas yang disebutkan Herowhin sendiri, yakni pembangunan aspal, pembangunan drainase, dan pembangunan dua lantai yang lantai atasnya akan difungsikan untuk parkir. "Kita juga akan memperbaiki drainase yang selama ini adalah salah satu penyebab adanya genangan air. Kemudian kita akan mengaspal jalan yang nantinya juga akan difungsikan untuk lapak-lapak pasar pagi. Kita akan bangun lantai dua untuk parkir sepeda motor, hal ini untuk mengatasi kemacetan yang sering dikeluhkan di daerah STA," terang Herowhin.

Ketika ditanya langsung oleh wartawan usai acara tersebut, Herowhin mengatakan pembangunan tersebut rencananya akan dilangsungkan pada bulan Oktober. "Setelah penandatanganan ini kita akan langsung lakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang, serta pemutakhiran data. Setelah itu, mudah-mudahan tidak ada masalah kita akan langsung lakukan pembangunan secara bertahap pada bulan Oktober," jawab HerowHin.

Sementara, Romuli Fakhrizal menyebutkan dalam pembangunan ini mereka melakukan investasi sebesar Rp 50 miliar. "Kita bekerja mulai dari perencanaan, pembangunan hingga pengelolahan, kita harapkan dukungan dari masyarkat Kota SIantar untuk pembangunan ini," kata Herowhin.

Selain penandatanganan MoU, Pemko Siantar juga melakukan penandatangan penyerahan aset sebagai penyertaan modal kepada PD PAUS yakni lahan STA berikut bangunan di atasnya sebesar 10755 m² dan tiga rumah toko di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Siantar Timur milik Pemko Siantar dengan luas tanah dan bangunannya 345 m².

Penulis: tom. Editor: des.