Siantar, hetanews.com - Polresta Kota Siantar berhasil mengamankan ganja kering dengan berat 26,8 kg dari seorang tersangka wanita yang diduga merupakan kurir narkoba Darliati (38) warga Lhok Kulam, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bieruen, Aceh.

Pelaku ditangkap di rumah kontrakannya Jalan Medan Km 4,5 Kelurahan Naga Pitu, Kecamatan Siantar Martoba, Selasa malam (29/3/2016). Penangkapan dilakukan atas informasi dari masyarakat sekitar.

Kapolres Siantar AKBP Dodi Darjanto saat menggelar konfrensi pers, Rabu (30/3/2016) menuturkan, penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat.

Barang bukti ganja 26,8 kg yang diamankan (foto: Lazuardy Fahmi)

“Berdasarkan informasi dari masyarakat personil Polresta Siantar langsung berangkat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan ternyata benar," kata Dodi di Mapolresta Siantar, Jalan Sudirman, Kecamatan Siantar Barat.

Menurut Dodi, ternyata barang haram tersebut berasal dari Aceh. Lanjutnya, warga Kelurahan Naga Pitu ternyata respon dan tanggap dalam pemberantasan narkoba tersebut. “Pada saat penangkapan kita dibantu oleh warga sekitar dan ternyara barang tersebut berasal dari Aceh," ucapnya dan menambahkan, tersangka akan diancam hukuman minimal enam tahun penjara.

Kapolresta menuturkan, Darliati merupakan kurir ganja yang akan disebar di Kota Siantar. “Dia (Darliati) adalah kurir, rencananya ganja sebanyak 26,8 kg akan diedarkan di Siantar,” sebut Dodi.

Anak dari Darliati saat diajak bermain oleh salah seorang personil Polresta Siantar (foto: Lazuardy Fahmi)

Darliati mengaku bahwa ganja itu bukan miliknya. Menurutnya, ganja itu milik Jack yang bawa dari Aceh dengan menggunakan minibus Simpati Star.

Ibu satu anak ini juga mengaku, ganja tersebut hanya dititipkan di rumahnya. "Hanya dititip si Jack di rumah saya. Gak tau - tau saya soal itu," tuturnya seraya menutup wajahnya.