HETANEWS

Belajar dari Pengalaman, Sebaiknya Parkir Dikelola Dishubkominfo

Siantar, hetanews.com  - Perjalanan tender parkir tepi jalan umum tahun 2016 masih terus mengalami ‘gejolak’, di mana Pejabat Pemegang Komitmen (PPK) pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPRD Siantar, kemarin, menyatakan tak sanggup dalam menanganinya. DPRD Siantar meminta agar tender parkir dievaluasi.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Posma Sitorus melalui telepon selulernya, Kamis (24/3/2016) mengatakan, sejauh ini tender parkir masih dalam proses. “Saat ini masih dalam proses dan belum ada kabar terbaru dari panitia," kata Posma.

Keterangan dari anggota Komisi III terkait tender parkir ini, mengaku masih dalam evaluasi. “Masih perlu dievaluasi, kemarin kan baru kita bahas. Kita minta dievaluasi dulu sama kepala daerah,"sebut Frengki Boy yang diamini Ketua Komisi III DPRD Siantar, Hendra Pardede.

Melihat polemik yang terjadi dalam tender parkir tersebut, salah seorang pengamat Charles Siahaan menyarankan, sebaiknya tender parkir dikembalikan ke Dishubkominfo saja. Dia beralasan, pengalaman tahun 2015 lalu tender parkir menjadi masalah saat dikelola pihak ketiga, sehingga ditangani pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar.

“Sebaiknya dikembalikan saja ke Dishubkominfo, kita belajar dari pengalaman tahun lalu, sampai ke Kejaksaan jadinya," sebut Carles.

Tambahnya lagi berdasarkan keterangan dari Penjabat (Pj) Wali Kota, Jumsadi Damanik di media, bahwa Dishubkominfo telah berhasil mencapai target Pendapat Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 280 juta per bulan.

“Kita lihat saat ini, Dishubkominfo dalam sebulan saja sudah mencapai target PAD sebesar Rp 280 juta. Nah kalau begini kan pasti bisa memenuhi target PAD nya nanti," terang Charles.

Alasan lainnya kata Charles, bahwa dalam RDP di Komisi III, Pemko Siantar belum secara matang mempersiapkan penenderan parkir tepi jalan umum. “Sewaktu RDP dengan Komisi III, PPK saja malah menyatakan tidak sanggup, jadi sebaiknya ditundalah penenderan parkir sampai Pemko Siantar benar-benar siap. Jangan sampai terulang lagi seperti kejadian tahun lalu," jelasnya.

Penulis: tom. Editor: aan.