HETANEWS

Tangkap Bandar dan Kurir Sabu, BNN Siantar Buru Pria Berinisial RK

Kepala BNN Siantar Ahmad Yani (baju merah) memaparkan penangkapan kedua pelaku (foto : Tumpal Tanjung)

Siantar, hetanews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Siantar butuh waktu sebulan meringkus  bandar dan kurir sabu yang ditangkap di Jalan Perak, Gang Kinantan, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara.

Hal itu disampaikan Kepala BNN Ahmad Yani Damanik dalam konferensi pers di kantornya Jalan Keselamatan, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Kamis (24/3/2016).

Ia mengatakan, setidaknya selama sebulan tim mengintai kedua pelaku yakni, Tiyas Kajego Simbolon (45) alias Pak Bela (sebelumnya Elias) dan Zulhamdani (45) alias Andi, sebelum ditangkap.

"Jadi mereka ini sudah menjadi incaran kami. Informasi kami peroleh dari masyarakat," pungkas Ahmad Yani dan menuturkan, kedua tersangka ditangkap di kediaman Tiyas, Selasa pagi (22/3/2016).

Penangkapan kedua warga Jalan Perak Gang Kinantan No 17, Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Utara ini dipimpin langsung Kepala Seksi (Kasie) Pemberantasan Kompol Tohap Siregar.

"Keduanya kami amankan dari dalam rumah tersangka Tiyas. Mereka ini tetanggaan," ujar Ahmad Yani

Sementara Tohap mengatakan, pertama mereka menangkap Andi yang diketahui sedang transaksi dengan Tiyas di belakang rumah. "Andi sedang menerima paket sabu dan di situ kami langsung tangkap tangan. Dan menggeledah seluruh isi rumah Tiyas," kata Tohap.

Dia menerangkan, dari penangkapan ditemukan 28 paket sabu seberat 44,5 gram yang didapat dari seorang bandar, timbangan elektrik, hand phone (HP) Samsung, uang sebanyak Rp 1.725.000 dan Rp 85.000. "Bandarnya berinisial RK. Kita tetapkan dia sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO)," ujar Tohap.

Kedua tersangka disangkakan pasal 114 (2) subsider pasal 112 (2) Undang - Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Keduanya akan diserahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Pematangsiantar di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Penulis: bt. Editor: aan.