HETANEWS

PRSU Sebagai Ajang Informasi dan Promosi Potensi Daerah

Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama dengan Bupati Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Anggota DPD Parlindungan Purba serta para Asisten dan SKPD di paviliun Pemkab Sergai

Sergai, hetanews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya menghadiri Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 45 tahun. 2016 di Komplek PRSU Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat malam (18/3/2016).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) Tengku Erry Nuradi ini turut dihadiri unsur FKPD Sumut, Anggota DPR RI, DPD dan DPRD Sumut, Ketua TP PKK Evi Erry Nuradi, Sekdakab dan SKPD Provsu dan jajarannya, Bupati dan Wali Kota beserta jajarannya se-Sumut, Ketua dan Badan Pengawas Yayasan PRSU, Konsul Jenderal dan Perwakilan Negara Sahabat, mewakili Kerajaan Negeri Pulau Penang Malaysia serta para undangan.

Dalam sambutannya, Erry mengatakan, bahwa event yang ditandai dengan penekanan tombol sirene ini merupakan agenda tetap Pemprovsu dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Propinsi Sumatera Utara (Provsu) ke 68, pada 15 April mendatang. PRSU ini merupakan kebanggaan masyarakat Sumut dan sebagai satu-satunya Pekan Raya tingkat provinsi, yang setiap tahun secara terus menerus diselenggarakan dengan muatan potensi dan budaya daerah. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada Pemkab Nias Utara yang bertindak sebagai tuan rumah pembukaan.

Dijelaskan Erry, pada PRSU tahun ini diselenggarakan North Sumatera Innovation Award dengan memperebutkan Piala Plt Gubsu yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai elemen masyarakat antara lain Pemkab/Pemko, SMK, perguruan tinggi dan masyarakat umum lainnya yang memiliki komitmen kuat terhadap IPTEK dan inovasi teknologi tepat guna sebagai kesiapan menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Saya berharap, hal ini dapat memacu semangat Pemkab/Pemko untuk berkompetensi dengan berperan aktif mengikutinya,” lanjut Erry.

Selain itu Plt Gubsu juga mengatakan, program dan semangat baru ‘New PRSU’ tahun 2016 dimana Pengurus Yayasan PRSU telah melakukan perubahan logo, ini menjadi semangat baru bagi PRSU untuk berkembang lebih inovatif, sehingga dapat menjadi pusat promosi daerah dan menjadi ikon atau miniatur Sumut.

Untuk itu, Erry Nuradi berpesan kepada pengurus Yayasan PRSU agar mampu memberdayakan arena PRSU setiap hari dan sepanjang tahun dengan konsep acara yang menarik, edukatif, kompetitif dan kreatif agar dapat memberikan akses kemudahan bagi masyarakat dan turis mancanegara dalam memperoleh informasi dan mengenal berbagai produk khas daerah, sehingga berminat untuk berkunjung ke kabupaten/kota yang nantinya dapat meningkatkan income pariwisata.

Sedangkan kepada Pemkab/Pemko se-Sumut yang memiliki paviliun di arena PRSU, diharapkan berperan aktif mendukung program "Open Daily PRSU”.

Sementara itu Bupati Soekirman bersama Wabup Darma Wijaya, Ketua TP. PKK Marliah Soekirman dan Ketua GOPTKI Rosmaida Darma Wijaya mengatakan, bahwa event PRSU ini sangat positif karena sebagai pusat informasi serta  promosi potensi, budaya dan produk unggulan daerah.

Untuk potensi Kabupaten Sergai sendiri, selain sektor pertanian, perkebunan dan perikanan, sektor pariwisata sangat memegang peranan yang penting. Dari sektor pariwisata, Soekirman menuturkan, mendapat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedangkan dalam hal memperkenalkan produk unggulan daerah dilakukan melalui promosi dan pasar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Hendaknya UMKM Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat berkualitas dan dapat berdaya saing didalam era Masyakat Ekonomi ASEAN (MEA). Untuk itu dihimbau kepada para pelaku UMKM mempunyai kreativitas dan inovasinya dalam mempromosikan pendeknya,” ujar Soekirman.

Penulis: steven. Editor: aan.