HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

211 Personil Polres Simalungun Ikuti Tes Psikologi Pemakaian Senpi

Ilustrasi senjata api

Simalungun, hetanews.com - Rabu (16/3/2016) sekira pukul 09.00 WIB, lebih kurang 211 orang personil Polres Simalungun terdiri dari para perwira menengah (pamen) kapolsek dan anggota mengikuti uji tes psikologis, sebagai sarat ketentuan pinjam pakai senjata api (senpi) di Aula Andar Siahaan, Mapolres Simalungun, Pematang Raya.

Untuk mengikuti tes ini seharusnya para personil yang akan mengurus kartu ijin memegang senjata atau memperpanjang seharusnya diurus di Polda Sumatera Utara (Poldasu).

“Namun hal itu tentunya sangat repot, selain jaraknya jauh dan harus meninggalkan tugas selama proses pengurusan surat tersebut,” ujar Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol Jesni Girsang bersama Kabag Humas AKP J Sinaga.

Jesni menambahkan, untuk para personil Polres Simalungun yang akan mengurus surat ijin pinjam pakai senjata dan atau memperpanjang, pihaknya berkerja sama dengan mengundang personil Polda Sumatera Utara (Poldasu) AKP Raswan Ependi dari Bagian Pisikologis Bina SDM Poldasu bersama tim.

Sementara AKP Raswan menuturkan, mengikuti uji tes pisikologis merupakan syarat mutlak untuk menguji layaknya para personil Polres Simalungun memakai senpi. Namun menurutnya, uji tes ini pun belum menjamin lulus atau tidak dalam pemakaian senpi.

“Uji psikologis dengan tes tulis tersebut sebagai tolak ukur para personil Polres Simalungun boleh layak atau tidak. Bila ternyata tidak lulus, maka dapat kembali mengikuti uji tes pisikologis 6 bulan kemudian,” ucapnya.

Penulis: dicky. Editor: aan.