Simalungun, hetanwes.com - Tangkapan sabu seberat 1kg yang dilakukan pihak jajaran Polres Simalungun, Sabtu malam (12/3/2016) merupakan tangkapan narkoba terbesar hingga saat ini.

Wakapolres Simalungun, Kompol Zainuddin, saat gelar pekara atas kasus tersebut, Minggu malam (13/3/2016), mengungkapkan ini merupakan jaringan internasional. “Sampai saat ini kepada tersangka berinisial MK (27) sudah dilakukan pemeriksaan dan penumpang lainnya sedang didalami tentang keterlibatan mereka. Tersangka dikenakan Undang – Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika pasal 144, dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati," ujar Zainuddin.

Menurut Zainuddin, dengan digagalkannya peredaran 1kg sabu ini, maka dapat menyelamatkan 10.000 manusia dari penyalah gunaan narkotika.

Dikatakan Wakapolres, sampai saat ini pengakuan dari tersangka, jika dirinya baru satu kali melakukan aksi." Pengakuannya baru satu kali menjadi kurir. Namun kita akan melakukan pengembangan terhadap tangkapan ini," paparnya.

Dalam gelar perkara yang berlangsung di Asrama Polisi (Aspol) Jalan Sangnaualuh, Kota Siantar, Wakapolres menambahkan, jika ditaksasikan rupiah, maka 1 kg sabu ini nilainya dapat mencapai Rp 1 miliar.

(baca: http://www.hetanews.com/article/47014/polres-simalungun-gagalkan-peredaran-sabu-internasional

(baca: http://www.hetanews.com/article/47003/razia-polsek-tanah-jawa-amankan-1-kg-sabu)