HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Jual HP Curian, Pelaku Curanmor Dihajar Massa

Pelaku curanmor diapit petugas beserta barang bukti sepeda motor Kawasaki Ninja hasil kejahatannya

Tebingtinggi, hetanews.com - Pelaku tindak pidana kriminal berinisial ISM  (28) warga Kampung Wetan Jalan Pengulu Tariv Lingkungan V, Kelurahan Tebingtinggi, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi babak belur dihajar massa.

Pria ini disangka kuat pelaku pencurian sepeda motor Kawasaki Ninja nomor polisi (nopol) BK 5797 TAS milik Hendra Ananda Lubis (26) warga Perum BTN Desa Binjai, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang juga merupakan temannya sendiri, Rabu (9/3/2016).

Pelaku diringkus saat dirinya hendak menjual handphone (HP) hasil curian ke salah satu toko ponsel di kawasan Jalan Darat. Pelaku  mengaku mencuri sepeda motor dan HP milik temannya ( korban Hendra - red). Ternyata aksi pelaku sempat diketahui salah seorang teman korban bernama Guntur Maradona Simarmata dengan menandai ciri-cirinya, sehingga korban membuat pengaduan ke Mapolsek Tebingtinggi.

Keterangan diperoleh dari sumber di Kepolisian disebutkan, pada Rabu siang (9/3/2016), Hendra sedang tidur lalu memarkirkan sepeda motor Ninja miliknya di teras rumah dengan kondisi terkunci, namun rumah tidak dikunci.

Pelaku yang melihat korban sedang tertidur, lalu timbul niat jahatnya. Selanjutnya mengambil kunci sepeda motor dan HP yang terletak di dekat korban yang sedang terbaring tidur.

Petugas yang sudah mengantongi identitas dan ciri-ciri pelaku turun ke lapangan mencoba memburu pelaku ISM. Persis di depan sebuah toko ponsel, petugas melihat ciri-ciri seperti yang disangkakan sebagai pelaku, sesuai laporan yang mereka terima.

Petugas selanjutnya menghampiri pelaku. Sadar kalau dirinya sedang diburu petugas, pelaku berusaha melarikan diri, namun berhasil ditangkap warga dan akhirnya menjadi bulan-bulanan massa , hingga babak belur. Aksi massa berhasil diredam petugas yang memburu pelaku. Selanjutnya pelaku diamankan ke Mapolsek Tebingtinggi guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Pelaku tertangkap petugas dan warga usai berencana  menjual HP milik korban. Ketika itu pelaku mengenderai sepeda motor curiannya yang sudah dirombak dan tanpa nomor plat kenderaan. Kepada juru periksa (juper), pelaku juga mengaku bahwa dirinya memiliki keterlibatan di sejumlah kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Tebingtinggi.” ungkap Kapolsek Tebingtinggi AKP Burju Siahaan, Kamis (10/3/2016).

Burju menjelaskan, bahwa pelaku juga terlibat dalam sejumlah kasus curanmor, diantaranya pencurian satu unit RX King di Irian Supermarket, kemudian sepeda motor milik toke daging yang juga anggota DPRD Adlan Lubis, serta mencuri laptop di Puskesmas Jalan Darat Tebingtinggi. Saat inipelaku dijebloskan ke sel Mapolsek Tebingtinggi dan dijerat Pasal 363 KUH Pidana. 

Penulis: ardiansyah. Editor: aan.