Siantar, hetanews.com – Aktivitas dan suasana masyarakat Kota Siantar di hari libur Nyepi, tampaknya tidak ada yang berbeda seperti hari-hari biasanya. Pantauan hetanews, Rabu (09/03/2016), tempat-tempat hiburan atau lokasi wisata untuk liburan di Siantar tampak sepi.

Contohnya saja, taman bunga yang terletak di inti Kota Siantar, tampak masih banyak tikar-tikar ataupun bangku-bangku untuk pengunjung bersantai yang kosong. “Sepi dek, seperti hari biasanya ajanya,” ujar salah satu penjual di taman bunga.

Di lapangan H Adam Malik yang berdekatan dengan taman bunga juga tidak ada aktivitas lainnya, sepi seperti hari biasanya. Kalau biasanya di hari-hari libur ada aktivitas kuda lumping yang membuat ramai lapangan tersebut, tetapi di libur kali ini suasana ataupun aktivitas kosong melompong.

Pusat-pusat perbelanjaan yang memiliki tempat bermainnya dan restoran cepat saji juga tampak sepi. Pantauan di halte-halte bus luar kota pun tampak sepi dan tidak ada lonjakan penumpang. Halte bus Intra dan Sejahtera ekonomi, Bus Intra Patas di terminal Parluasan tidak tampak adanya lonjakan penumpang. Begitu juga halte bus Intra patas dan Paradep Taxi di komplek SBC yang hanya tampak sepi.

Sedikit berbeda di Taman Hewan Pematang Siantar (THPS), walaupun mengalami peningkatan pengunjung seperti hari-hari biasanya, di hari libur kali ini peningkatannya tidak terlalu signifikan. Tidak ada tampak kendaraan-kendaraan pribadi ataupun umum selain nopol atau plat BK, sepertinya hanya diisi pengunjung dari Siantar-Simalungun sekitarnya.

Bisa diambil kesimpulan bahwa faktor sepinya aktivitas atau suasana di Kota Siantar pada liburan ini dikarenakan hari libur Nyepi ini bertepatan di pertengahan minggu yang mana pada esok hari (Kamis), aktivitas para pekerja kembali seperti biasanya.