HETANEWS

Musrenbang Dapat Sentuh Kepentingan Masyarakat Simalungun

Simalungun, hetanews.com- Hasil dari Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) diharapkan dapat mengakomodir dan menyentuh kepetingan masyarakat banyak, sehingga program pembangunan yang direncanakan dapat tepat sasaran.

Harapan tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP, ketika membuka pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kabupaten Simalungun tahun 2017 di Kecamatan Raya yang dilaksanakan di Gedung TP PKK, Rabu 24/02/2016.

“Kalau pada tahun 2015 yang lalu, mungkin ada usulan dari nagori belum terakomodir. Namun ditahun ini (2016) usulan tersebut sebagian dilaksanakan dan pada tahun 2017 kita berharap semua akan berjalan dengan baik,” ujar Binsar.

Dalam pelaksanaan Musrenbang tersebut juga dihadiri oleh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang mendengar langsung usulan yang disampaikan dari nagori (desa) maupun kelurahan, sehingga nantinya diharapkan dapat dilaksanakan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Kecamatan Raya melalui Musrenbang.

“Raya merupakan Ibukota Kabupaten Simalungun, tentu banyak yang harus kita bangun disini sehingga cepat berkembang seperti infrastruktur, bidang pertanian, perkebunan termasuk dengan alokasi dana desa. Dan dana desa ini pergunakanlah dengan sebaik baiknya untuk kepentingan yang prioritas bagi masyarakat,” kata Pj Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Simalungun menyampaikan bahwa Musrenbang Provinsi Sumatera Utara akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang, namun sebelumnya akan dilaksanaka kegiatan pra Musrenbang pada 8 – 10 Maret 2016 di Samosir. Oleh karena itu kepada instansi terkait diharapkan Musrenbang Kabupaten Simalungun yang telah dilaksanakan di 31 kecamatan agar aspirasi masyarakat diakomodir dan diperhatikan prioritasnya.

Pj Bupati Simalungun juga menyebutkan bahwa dari hasil Musrenbang yang dilaksanakan di 31 kecamatan yang perlu dan segera dilaksanakan adalah pembenahan infrasrtuktur jalan, dimana banyak jalan di Kabupaten Simalungun yang perlu untuk dibenahi baik jalan kabupaten maupun jalan provinsi. Disamping itu juga dukungan untuk orang miskin terutama pelayanan kesehatan, pelayanan sosial dasar dan juga kepentingan-kepentingan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya Camat Raya Sardiman Saragih dalam sambutannya mengaharapkan aspirasi yang masyarakat yang disampaikan dalam Musrembang dan terlaksana untuk membantu masyatakat dan untuk percepatan pembangunan kota Pamatang Raya.

Penulis: soni. Editor: ebp.