Siantar, hetanews.com- Program dari Penjabat (Pj) Walikota untuk merenovasi Taman Bunga hingga saat ini belum terlaksana. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarukim), Lukas Barus menyebutkan, mereka masih melakukan perencanaan atas pengerjaan dari Taman Bunga dan rencananya akan segera diekspose kepada Pj Walikota dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut diutarakannya ketika wartawan menemui Lukas Barus di Kantornya, Senin (15/02/2016). Awalnya, wartawan menanyakan kapan akan dikerjkannya Taman Bunga? “Saat ini, masih dalam tahap perencanaan. Yang pasti akan segera kita kerjakan, dan saat ini masih dalam tahap perencanaan," katanya.

Masih kata Lukas, proses perencanaan tersebut Distarukim akan membuat perencanaan seluruh pembangunan untuk Taman Bunga. “Perencanaan itu bukan mengikuti dana yang diberikan pada kita sekarang, tetapi perencanaan atas keseluruhan yang akan dikerjakan untuk Taman Bunga, jadi bukan menurut uang yang diberikan kepada kita, tetapi kita rencanakan keseluruhan pengerjaannya," jelas Lukas.

Rencananya, kata Lukas, untuk Taman Bunga akan dibuat satu pintu untuk pintu masuk dan satu pintu untuk pintu keluar. "Sekarangkan ada 4 pintu masuk untuk Taman Bunga, rencana kita, dibuat satu pintu, dimana pintu masuknya itu dari Kantor Walikota dan pintu keluarnya dari tempat pedagang, dan parkirnya akan ditempatkan di Parkiran Pariwisata, jadi mereka berjalan kaki ke Taman Bunga," terangnya.

Beberapa anak kecil yang sedang bermain di taman bunga kota Siantar, Senin (15/02/2016). (FOTO:LAZUARDY FAHMI)

Hal itu sengaja dilakukan agar pedagang di sekitar Taman Bunga, keluhannya dapat terjawab. "Nantinya, mereka keluar langsung di tempat pedagang. Bagi masyarakat, kalau mereka mau minum atau makan yang di situ, nah tinggal bagaimana pedagang menjajahkan dagangannya, kalau masyarakat tidak mau membeli yah bukan wewenang kita lagi," sebutnya.

Setelah proses perencanaan, kemudian renovasi Taman Bunga akan ditenderkan. “Setelah selesai perencanaan diekspos ke Pj Walikota, pastinya nanti pas kita ekspos. Kamis (18/02/2016) nanti ada masukan dari Pj Walikot, kemudian akan kita tenderkan, dan kita yakin dalam waktu dekat akan segera dikerjakan," katanya.