HETANEWS.COM

Komnas Ham RI Telah Miliki Catatan Untuk Revisi UU Pikkada dan PKPU

Simalungun, hetanews.com - Komite Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas Ham) RI, telah memiliki catatan yang berguna untuk melakukan revisi terhadap UU NO 1 Tahun 2015 tentang Pilkada dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Adanya catatan tersebut seperti yang diungkapkan oleh ketua tim penyidik Komnas Ham, Agus Suntoro, kepada hetanews.com, Kamis (11/2).

Diungkap dalam perbincangan di posko pembantu Panwaslih kabupaten Simalungun tersebut, dalam revisi itu Komnas Ham tidak melakukan uji materi terhadap pasal yang akan diperbaiki serta dijelaskan penjabarannya.

Namun, Komnas telah menyusun seperti kertas disposisi yang nantinya diberikan kepada MA dan yang terkait untuk memperbaiki kelemahan Pilkada baik yang di dalam UU ataupun PKPU.

"Kita sudah menghimpun itu, dalam waktu beberapa bulan ini sudah selesai. Tidak hanya dari Simalungun, melainkan dari berbagai daerah yang pelaksanaan Pilkadanya tertunda," sebut dirinya.

Yang akan diperbaiki ada beberapa ketentuan, yang pertama dari proses penegakan hukum, lalu proses pemeriksaan oleh Panwas yang memiliki jangka waktu sehingga berpotensi tidak dilakukan secara baik, sambung dirinya.

"Diskriminasi RAS dan etnis. Itu belum masuk padahal itu yang ditemukan dalam kampanye, kemudian lokasi TPS khusus dan terkait hak konstituonal," pungkasnya.

Penulis: soni. Editor: des.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!