Tebingtinggi, hetanews.com - Personil Koramil 13 Tebingtinggi dipimpin langsung Danramil 13 Kapten Inf Salehan dan Kadis Pertanian (Kadistan) Marimbun Marpaung melakukan tanam padi perdana bersama dengan masyarakat petani di areal pertanian Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, Kota setempat, akhir pekan lalu.

Salehan mengatakan, bahwa Koramil yang dipimpinnya berada di wilayah teritorial Pemko Tebingtinggi, dan pihaknya ikut ambil bagian mensukseskan program tersebut bersama-sama dengan masyarakat petani. Karena berdasarkan data secara keseluruhan areal pertanian ada 335 hektar tersebar di wilayah Kota Tebingtinggi.

Salehan juga mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya TNI (ABRI) mendukung program nasional ketahanan pangan yang digulirkan pemerintah menuju swasembada pangan. Termasuk sebagai tindak lanjut dari perintah Panglima TNI kepada segenap jajaran TNI secara nasional.

“Lahan persawahan di Kelurahan Bulian yang ditanami ada 20 hektar, dengan pola tanam serentak. Bibit padi yang ditanam jenis siserang, dengan masa tanam 3 bulan, serta teknik penanaman padi ‘jarwo’ sesuai dengan arahan dari Distan kepada para petani,” ujarnya.

Diirnya berharap pula kepada petani kiranya selalu mengingat pesan Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan agar tidak mengalihfungsikan lahan pertaniannya. “Apalagi dengan kebijakan wali kota yang mengratiskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap lahan pertanian, program ini harus kita dukung bersama-sama,” sebutnya.

Marimbun Marpaung menilai, keterlibatan para personil Koramil 13 ini sangat membantu para petani di Tebingtinggi,dan mudah-mudahan akan membawa hasil yang baik.

“Kami tentunya sangat memberikan apresiasi kepada segenap personil Koramil 13 Tebingtinggi. Mereka ikut melakukan penanaman padi ini tanpa iming-iming apapun, dengan keikhlasan, kerelaan dan tanggungjawab,” sebutnya.

Marimbun juga berharap para petani dapat mengikuti anjuran dari para penyuluh pertanian, dengan harapan nantinya akan membawa hasil maksimal pula, dan semuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani.