Tebingtinggi, hetanews.com - Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kota Tebingtinggi Marimbun Marpaung, Danramil 13 Kapten Inf Salehan bersama petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di daerah itu, melaksanakan kegiatan penanaman padi di persawahan milik Saring di Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, Sabtu (23/1/2016).

Pantauan hetanews.com di lapangan, kegiatan itu sebagai tindak lanjut dari temu wicara Kadistan dengan 11 kelompok tani (poktan) di tiga kecamatan yang berlangsung di halaman kantor Distan Tebingtinggi, Selasa (19/1/2016).

Sebagaimana diketahui total areal luas sawah di Kota Tebingtinggi mencapai 355 hektar. Ini tersebar di Kecamatan Bajenis, Padang Hulu dan Rambutan.

Menurut Marimbun, kegiatan temu wicara dan penanaman padi serentak awal Januari 2016 ini bertujuan untuk menseragamkan tahapan panen dari 2 kali setahun menjadi 3 kali setahun .

Distan setempat telah membimbing para petani dengan berbagai penyuluhan, serta memberikan bibit unggul gratis dan menyediakan alat-alat pertanian modern seperti traktor, mesin penggilingan padi, mesin potong jerami, maupun tim penyuluh yakni Balai Pengkajian Teknologi Pertanian ( BPTP ) dari Kementrian Pertanian (Kementan) RI. “Itu semua khusus meningkatkan produktifitas petani untuk panen padi , jagung dan ketela,” paparnya.

Penanaman padi yang dipusatkan di Kelurahan Bulian itu menerapkan pola 2.1 . Dibantu Danramil 13 beserta para petani secara bergotong royong menanam padi yang menunjukkan semangat kekeluargaan, kekompakkan, persaudaraan , kesatuan dan persatuan.

Marimbun mengajak seluruh elemen masyarakat dan para petani lebih giat bekerja untuk menyongsong hari esok lebih baik. Sehingga meningkatkan kesejahteraan petani.

“Ini tujuan dari Pemko Tebingtinggi untuk meningkatkan produktifitas para petani menuju kesejahteran petani dan masyarkat,” paparnya.