HETANEWS

Aneh, Pemilik Sabu 1,03 Gram Hanya Divonis 1 Tahun, Padahal Terkena Pasal Berlapis

Satria Halim Jaya alias Tia saat sidang di Pengadilan Negeri Siantar, Rabu 20/01/2015).

Siantar, hetanews.com – Beberapa keanehan dalam sidang terdakwa Satria Halim Jaya alias Tia (23) di Pengadilan Negeri Siantar, Rabu (20/01/2016). Terdakwa yang merupakan warga jalan Pendeta J Wismar Saragih, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba ini, dalam agenda sidangnya hanya sidang tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum.

Tetapi, majelis hakim yang diketuai Lodewyk Ivandrie Simanjuntak dengan anggota Ledis Meriana Bakkara dan Hera Polosia Destiny  langsung menjatuhkan vonis kepada terdakwa.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum, Secsio Nainggolan menuntut terdakwa hukuman penjara 1,5 tahun dengan dikenakan pasal 127 ayat 1 UU narkotika. Setelah mendengar tuntutan dari JPU, majelis hakim saat itu juga memvonis terdakwa hukuman penjara 1 tahun.

Aneh, terdakwa yang saat ditangkap oleh Polres Siantar didapati barang bukti berupa 1,03 gram sabu, 1 buah bong hanya dituntut 1 tahun pidana penjara. Padahal, dari BAP Polres Siantar selain mengenakan terdakwa pasal 127 ayat 1, juga dikenakan pasal 114 ayat 1 dan pasal 112 ayat 1.

Diketahui sebelumnya, pada 22 Oktober 2015 sekira pukul 14.30 WIB, terdakwa diringkus oleh personil Polres Siantar dirumah uwaknya di Jalan Medan, Simpang Mesjid, Kelurahan Nagapitu, Kecamatan Siantar Martoba.

Terdakwa saat diringkus sedang menggunakan narkotika jenis sabu. Dari peringkusan tersebut disita juga tiga paket sabu seberat 1,03 gram, 1 buah bong dan 1 buah mancis. Terdakwa membeli sabu tersebut dari Madan (DPO) sebanyak empat paket sabu seharga 350 ribu dan satu paket sabu sudah digunakannya.

Penulis: ndo. Editor: ebp.