Siantar, hetanews.com- Hari pertama masuk kerja usai libur panjang menyambut Tahun Baru 2016, masih ada sejumlah pegawai yang belum ngantor dengan beragam alasan. Namun begitu, hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Tim usai apel pagi, Senin (4/01) sekitar pukul 08.30 WIB di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Honorer cukup baik, rata-rata diatas 90 %.

Tim Sidak yang dikomandoi Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Donver Panggabean MSi dibagi dalam tiga kelompok dengan personil dari Staf Ahli, para Asisten, Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Badan Kepegawaian Daerah serta Inspektorat.

Saat Sidak, Tim diterima langsung para pimpinan SKPD. Hanya beberapa dinas yang diwakilkan, karena pimpinannya tengah keluar kota untuk urusan dinas berdasarkan Surat Perintah Tugas (SPT) yang ada.

Sebagai gambaran prosentase kehadiran pegawai berdasarkan hasil monitoring Tim, sebagai berikut: Dinas Tata Ruang dan Pemukiman 90%, Badan Penganggulangan Bencana Daerah 95%, Bappeda 95%, Kantor-kantor Camat 95-97%, Badan Perijinan Terpadu 90%, Kantor Pemadam Kebakaran 80%. Dinas lainnya, yakni Bina Marga dan Pengairan 85%, Kebersihan 92%, Badan Penelitian dan Pengembangan 98 %, Dinas Kesehatan 90% dan Rumah Sakit Umum 85%. “SKPD lainnya juga rata-rata prosentasenya demikian dan kita berharap untuk seterusnya kehadiran ini semakin ditingkatkan,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian, Drs Tarzan Simarmata.    

Di sela-sela monitoring, Asisten II Bidang Administrasi dan Pembangunan, Drs M Akhir Harahap mengimbau seluruh pegawai, agar tetap menjalankan tugasnya masing-masing, bukan hanya sekedar hadir dan menandatangani absensi. Semua diminta untuk tetap menjalankan tugas, jangan sampai layanan publik terganggu karena alasan tahun baruan.  

Bahkan saat mendatangi Dinas Kebersihan di Jalan Pdt Wismar Saragih, Asisten II mengingatkan agar petugas kebersihan serta pengangkut sampah lebih agresif menangani sampah, serta memonitoring seluruh tempat-tempat penampungan sampah sementara (TPSS) jangan sampai ada penumpukan berlebihan.

Dinas Kebersihan juga diminta bekerjasama dengan para Camat dan Lurah, karena sekarang petugas kebersihan (penyapu jalan) sudah ditangani oleh Kecamatan, sedangkan Dinas Kebersihan bertugas mengangkut sampah yang telah dikumpulkan di TPSS.

Pejabat teknis terkait di Dinas Kebersihan, yakni Kepala Bidang Kebersihan Elon Sitorus dan Kepala Bidang Angkutan Sampah S.Sagala kepada Asisten II mengeluhkan banyaknya pedagang musiman saat hari-hari besar atau liburan yang meninggalkan sampah di ruang-ruang publik, trotoar, bahkan di tepi jalan pusat kota.

Untuk itu, pihaknya meminta agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bisa bekerja sama untuk menertibkan pada pedagang musiman maupun yang menggunakan trotoar, khususnya di sepanjang Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka, Jalan Sang Naualuh, Jalan Kartini, Jalan MH Sitorus, Jalan Gereja dan tempat-tempat lainnya.