HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

Ngaku Sebagai KPK Sumut, Sekdes Penjarakan Oknum LSM dan Wartawan

Terang Tarigan tersangka pelaku yang mengaku-ngaku Anggota KPK Sumut dalam Sel Tahanan Polsek Raya.

Simalungun, hetanews.com- Rabu (23/12/2015), personil Polsek Raya pagi tadi berhasil meringkus pelaku penipuan yang mengaku–ngaku petugas KPK Sumut, sekira pukul 08:20 WIB. Dua pria yang diduga pelaku penipuan dan pemerasan tersebut diamankan polisi, masing-masing bernama Terang Tarigan (46) dan satu temannya lagi diketahui salah seorang oknum wartawan mingguan (RN) bernama Saring (40), warga Serdang Bedagai.

Kronologis kejadian, menurut pengakuan salah seorang korban yang diketahui menjabat  sebagai Pangulu Lokung Raya bernama Sariman Sidabariba (59), mengaku pada petugas polisi yang bertugas di Polsek Raya, pada tanggal 3 Desember yang lalu saat itu korban hendak pergi menghadiri pesta keponakannya.

Dalam perjalanan, tiba-tiba Handphone miliknya bordering. Dalam percakapannya itu, salah seorang penelpon tersebut mengaku sebagai anggota KPK Sumut mengaku bernama Terang Tarigan. Pelaku menyebutkan bahwa dirinya akan melakukan pengawasan terhadapa beberapa proyek yang dilakanakan disejumlah Nagori, yang dana pelaksaanya diperoleh dari dana PHP dan dana ADD Anggaran tahun 2015.

Pelaku saat itu meminta untuk ketemuan namun karena korban sedang sibuk, kemudian merekomendasikan agar menjumpai salah seorang stafnya yang bernama Jan Hotman Damanik.

Tak lama kemudian, telpon genggap Sekdes Lokung Raya ini pun berdering kembali. Dalam percakapan yang kedua kalinya itu, Terang Tarigan meminta biaya operasional transportasi sebesar 500 ribu rupiah dan seijin Pangulu Lokung Raya, memerintahkan pada Staf nya untuk memberikan uang yang diminta Pelaku.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya Rabu tanggal (23/12/2015) pelaku  penipuan yang mengaku –ngaku sebagai anggota KPK Sumut itu   pun datang kembali menemui Pangulu Silokung Raya. Karena Sekdes sudah mengetahui kedok pelaku, yakni bukan sebagai Anggota KPK,  tetapi Terang Tarigan adalah salah seorang anggota LSM KPK, kemudian mengontek personil polri yang bertuga di Polsek Raya.

Personil polisi dengan menggunakan Mobil Patroli tiba, dan dua pria yang diduga sebagai pelaku penipuan tersebut dimaksud kemudian digiring sejumlah petugas untuk dimintai keteranganya di mapolsek Raya.

Kapolsek Raya AKP Leston Siregar yang dimintai tanggapannya terkait dua pria yang berhasil diamankan itu, pada Hetanews mengatakan, pihaknya sementara ini masih melakukan penyelidikan terlebih dulu serta mengumpulkan sejumlah keterangan.

Dia menyebutkan, untuk kasus penipuan dan juga pemerasan kemungkinan besar tersangka pelakunya adalah Terang Tarigan, sebab temannya yang satu lagi mengaku tidak tahu hal itu. Kapolsek Raya mengimbau pada para korban, terutama yang menjabat Pangulu/ Kades yang telah menjadi korban penipuan atau pun pemerasan yang dilakukan tersangka agar segera membuat pengaduan, pungkasnya.          

Penulis: dicky. Editor: ebp.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!