HETANEWS.COM

Golkar Berkabung, Kampaye Akbar Tampilkan Bendera Setengah Tiang Diiringi Lagu Indonesia Raya

Bendera Partai Golkar yang dinaikkan hanya setengah tiang pada kampanye akbar TRS-Zainal di lapangan H Adam Malik, Sabtu (14/11).

Siantar, hetanews.com - Partai Golkar tampaknya tengah berduka. Hal ini terlihat dari adanya penampilan bendera setengah tiang pada pagelaran kampanye akbar, TRS-Zainal Purba, paslon Walikota Siantar, Sabtu ( 14/11 ) di lapangan Adam Malik, kota tersebut.

Keberadaan bendera yang berkibar di setengah tiang tersebut, terlihat sudah ada terpasang sejak pukul 11.00 WIB, di tengah lapangan. Bahkan, saat kampaye akbar dimulai dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya, sekitar pukul 13. 30 WIB, keberadaan bendera partai berlambang pohon beringin itu tetap pada tempatnya, setengah tiang.

Menanggapi hal tersebut, Sahala Manurung, ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) LEPASKAN, mengungkap kepada hetanews.com, bahwa bendera sebagai bentuk simbol suatu lembaga, adalah hal yang sakral bagi lembaga itu. "Bendera itu adalah hal yang sakral bagi lembaga politik. Makanya kalau penempatan harus dijaga dengan baik, jangan sampai menyalah," ujarnya.

Ketika ditanya kalau berkibarnya bendera setengah tiang, ia menjawab, kalau dilihat melalui  Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan pengibaran bendera yang di kibarkan di tengah-tengah tiang. Di banyak negara, tindakan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan, berkabung, atau kemalangan.

"Di Indonesia dikibarkan setengah tiang saat peristiwa-peristiwa berikut, pada tanggal 10 November, untuk memperingati gugurnya pahlawanIndonesia dalam Pertempuran Surabaya pada masa Perang Kemerdekaan. Setelah tsunami dan gempa bumi Samudera Hindia 2004 di Aceh. Setelah kematian mantan presiden, misalnya: bendera setengah tiang dikibarkan selama seminggu setelah kematian Soekarno, Soeharto, dan Abdurrahman Wahid. Pada hari berkabung nasional, " ujarnya.

Ketika akan mengibarkan bendera setengah tiang, bendera tersebut harus digerek hingga mendekati finial (puncak tiang) untuk beberapa saat, kemudian baru diturunkan menjadi setengah tiang, begitu juga ketika hendak diturunkan, bendera tersebut harus dinaikkan mendekati finial, dan kemudian baru diturunkan sepenuhnya, ujarnya.

Sementara itu, di lokasi juga terlihat, setelah terjadinya berbagai pertanyaan dari wartawan terhadap keberadaan bendera Golkar yang di tampilkan setengah tiang, bendera tersebut diturunkan sebelum massa kampaye akbar calon tersebut usai.

Penulis: soni. Editor: ebp.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan