Siantar, hetanews.com- Layaknya polisi benaran, 23 orang polisi cilik siswa SD RK Budi Mulia Siantar, memukau perhatian ribuan peserta Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 87, Rabu (28/10) di Lapangan Adam Malik.

Penampilan baris berbaris polisi cilik di bawah binaan Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Siantar ini, mendapat apresiasi luar biasa dari Inspektur Upacara, penjabat walikota, Drs H Eddy Syofian MAP bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Siantar, para pejabat struktural maupun para tamu dan undangan lainnya.

Menurut Pj Walikota, anak-anak muda, terutama usia sekolah harus dilatih sejak dini dalam berbagai kegiatan positif yang menunjanag proses belajarnya serta menjauhkan diri dari pengaruh narkoba. "Kita prihatin dengan informasi pengadilan, bahwa kasus narkoba merupakan tindak pidana tertinggi di kota ini.

Secara nasional pun, bapak Presiden sudah menginstruksikan agar ratusan ribu korban narkoba direhabilitasi, bukan dipidanakan," katanya usai menyampaikan sambutan Mentri Pemuda Olahraga, Imam Nahrawi.

Melalui tema ‘Bangkit Pemuda Merah Putih Melalui Revolusi Mental Wujudkan Indonesia Hebat’, Menpora mengingatkan kaum muda agar memasuki era yang berbeda saat ini, mengimplementasikan UU No 40/2009 tentang Kepemudaan, antara lain amanatnya adalah pemuda harus berperan aktif dalam segala bidang pembangunan. 

Usai kegiatan upacara nasional yang dikemas Dinas Pemuda Olahraga bersama Komite nasional Pemuda Indonesia (KNPI), kegiatan lanjutan diisi dengan penampilan pragmen anti narkoba yang disuguhkan Badan narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar. Sebelumnya, bersamaan dengan pembacaan teks UUD 1945 dan Ikrar Sumpah Pemuda, kader BNN juga membacakan Deklarasi Pemuda Anti Narkoba.

Semarak perayaan Hari Sumpah Pemuda ini juga diisi dengan penampilan tarian tradisional, paduan suara yang dibawakan oleh para pelajar sejumlah siswa SMA, merupakan hasil seleksi Festival Budaya Daerah yang digelar pekan lalu. Diantaranya penampilan Paduan Suara selaku pemenang dari siswa SMA Negeri 4 yang akan ditampilkan pada Pesta Danau Toba pertengahan November 2015 mendatang di Tanah Karo.

Selain itu, usai penampilan kreasi budaya, Dinas Pemuda Olahraga juga menyerahkan berbagai hadiah dan tropy bagi pemenang berbagai kegiatan dalam Pekan Olahraga Pelajar yang digelar juga pekan lalu.