HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

PANCASILA ITU SAKTI ATAU SAKRAL…?

Sianter, hetanews.com- 1 Oktober 2015 seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila dimana saat ini melalui referensi sejarah 7 Jendral pada masa kepemimpinan Soekarno telah diculik dan dibantai hingga tewas yang saat ini Tugu nya di abadikan dengan Gelar Pahlawan Revolusi. G30S/PKI juga mewarnai tiap-tiap catatan sejarah dimana waktu itu gerakan yang beraliran Komunis telah melakukan pemberontakan, tulisan ini tercipta ketika seorang anak umur 7 tahun bertanya kepada guru nya

”Bu, Pancasila Sakti itu apa..? Kenapa namanya Pancasila Sakti,bu..? Memangnya Pancasila punya Ilmu-ilmu yang membuat nya jadi Sakti seperti film-film yang ada di Siaran TV Indonesia yaa,bu…? Langsung saya seketika mengerutkan dahi dan sambil berpikir dan menganalisis makna Pancasila Sakti.

Alasan mengapa 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila dimana para komunis maupun simpatisannya yang melakukan pemberontakan telah dibantai hingga ke akar-akarnya oleh para oknum-oknum yang mengatas namakan Pancasila, sehingga bagi oknum yang mengatas namakan mempertahankan pancasila mendapatkan respon yang positif di mata rakyat dengan secara otomatis rakyat pun tergerak untuk membasmi para pemberontak pada saat itu. Mempertahankan Pancasila pada saat itu sangat menggema di seluruh Indonesia secara analisis Peristiwa Jendral Revolusi berarti peristiwa idealis antara Pancasila VS Komunis dimana Para Jendral-jendral tersebut menjadi ambassadornya, berarti Pancasila tersebut bisa dikatakan tetap Sakti sebab seluruh rakyat Indonesia bergerak untuk membantai para pemberontak demi Ketahanan Pancasila dan pada saat itu pola pikir rakyat telah benci dan dendam terhadap kaum-kaum komunis dan simpatisannya.

Disisi lain Pancasila yang pada saat tragedi tersebut merupakan satu kata yang bisa membuat bulu kuduk merinding jika di ucapkan sesaat dimana Gestapu telah gagal dan bahkan ketahanan pancasila diwarnai dengan pertumpahan darah…Pancasila…harus dipertahankan…!!!

Menilik dari analisis mengapa harus menggunakan kata dasar mempertahankan Pancasila yang pada saat itu yang berjibaku perang antara Partai dengan TNI ( Dewan Revolusi dengan Dewan Jendral ). Maka dari itu Pancasila bisa dikatakan sacral sebab tanpa komando seluruh bangsa telah satu tujuan membasmi PKI dan simpatisannya…Analisis sejarah perlu dikembangkan bagi para generasi-generasi bangsa kita agar tidak terjebak oleh doktrinan oknum para sejarah…

Penulis: Satrya Chandra Tambunan. Editor: ebp.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!