HETANEWS

Daniel Silalahi: IPK Siantar Siap Bekerja Sama dengan Polres dalam Bidang Kamtibmas

Ketua IPK kota Siantar Daniel Silalahi melakukan salam komando kepada Ketua PP Terpilih kota Siantar Ronald Tampubolon, pada pelantikan DPD II IPK kota Siantar, di parkir pariwisata, jalan Merdeka, Sabtu (12/9)., dimana telah sepakat untuk sama-sama menjaga Kamtibmas di kota tercinta ini. (foto Lazuardy Fahmi).

Siantar, hetanews.com- Ketua IPK kota Siantar Daniel Silalahi AP MSi menyambut baik undangan dari kapolres Siantar AKBP Dodi Darjanto agar ada bantuan tenaga dari setiap Organisasi Kepemudaan (OKP) untuk menjaga bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Sewaktu audensi kita kemari, ada diretaskan ide agar satgas atau kader dari setiap OKP diperbantukan secara resmi untuk bekerja sama dengan Polres dalam bidang Kamtibmas, dan ide tersebut disambut positip oleh Kapolres AKBP Dodi Darjanto,” ungkapnya.

Ternyata, lanjut Daniel, di kantornya jalan Pattimura komplek ruko Pattimura, Tomuan, Siantar, Selasa (15/9), Kasat Lantas menghubungi IPK dan menyambut baik adanya kerja sama antara IPK dan Polres untuk melibatkan secara langsung satgas maupun kader untuk menyukseskan program kapolres, menghadirkan rasa aman, nyaman dan kondusif di kota Siantar.

Selain itu, imbuhnya, dirinya juga telah mengajak satu lagi OKP untuk ikut bergabung dan satu lagi setelah pelantikan akan bergabung OKP lainnya. “OKP AMPI, yang diketuai oleh Bonar Aritonang siap menyukseskan program dari kapolres tersebut, bahkan satu lagi PP, yang rencananya dilantik pada 3 Oktober 2015, juga siap bergandengan tangan,” terangnya.

Mengapa harus didukung? Daniel pun bercerita bahwa Keamanan yang asal katanya aman adalah suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan. Sedangkan pengertian Ketertiban adalah suatu keadaan dimana segala kegiatan dapat berfungsi dan berperan sesuai ketentuan yang ada.

Pengertian Kamtibmas menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan bahwa pengertian Kamtibmas adalah: Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional.

Yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

“Semua orang pasti menginginkan adanya keamanan dan ketertiban terjadi di daerahnya, begitu juga dengan saya pribadi. Saya akan kerahkan semua kemampuan agar program tersebut terwujud karena itu merupakan kepentingan berharga semua warga Siantar. Pak Kapolres kapan anda undang kami akan datang membicarakan langkah selanjutnya. Bila OKP dan Polres telah bergandengan tangan, saya yakin tindak kriminalitas akan berkurang secara sendirinya,” ujarnya.

Penulis: ebp. Editor: ebp.