HETANEWS

Pdt Saut Sirait: Panwaslih Semakin Garang, KPUD Semakin Sopan

Angota DKPP RI Saut Hamonangan Sirait yang menjadi narasumber dalam acara forum grup discussion Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia ( DKPP RI ) bertempat di Niagara Hotel, Parapat, Kamis (10/9). Forum grrup disscussion ini dibagi dalam dua kelas, A dan B. Pesertanya adalah jajaran KPU dan Panwas dari 23 Kabupaten/Kota di Sumut yang akan Pilkada pada 2015. Di kelas B acara dipandu langsung oleh Anggota DKPP Hamonangan Sirait didampingi Anggota TPD Sumut Tengku Erwin dan moderator dari Tenaga Ahli DKPP Firdaus ( FOTO : LAZUARDY FAHMI )

Simalungun, hetanews.com- Pdt Saut Sirait, dalam FGD KPU, Panwas dan DKPP, yang diikuti oleh 23 kabupaten/kota se Sumatera Utara, Kamis ( 10/ 09), mengatakan bahwa disaat ini dapat dikatakan bahwa Panwas semakin garang, dan KPUD semakin sopan.'

Yang dimaksud dari Pdt Saut Sirait, diaplikasi dirinya dari wewenang yang ada di Panwas sehingga dapat lebih berbuat, dibandingkan pemilihan sebelum sebelumnya. "Mereka ( Panwas ) memperoleh satu kewenangan baru, mereka kini sudah bisa menangani sengketa. Dulu diwaktu Pileg dan Pilpres ini tidak ada, kewenangan untuk menjadi hakim, dengan begitu mereka ( Panwas ) semakin garanglah," ungkap dirinya.

Terkait, KPUD semakin sopan, dia mengucapkan, kalau KPUD menjadi sopan dikarenakan takut. "KPUD ya takutlah, orang kini Panwaslih sudah menjadi hakim. Dulukan saya wakil ketua Panwas pusat, mana ada yang mau dengar kami," sambung dirinya seraya tertawa.

Sementara itu, sebelumnya diruang persidangan, Ia ( Saut ) meminta pada para Panwas untuk lebih banyak belajar dan mempelajari setiap keputusan. "Panwaslih sebaiknya semakin banyak belajar, jangan asal mengambil keputusan. Pelajari dulu permasalahan jangan asal diputuskan saja. Ini suatu kemajuan ( adanya aturan yang menyatakan Panwas dapat menjadi hakim), jadi bisa lebih belajar, seiring nantinya perkembangan," ujarnya.

Dilainnya, Ulamatua saragih, Ketua Panwaslih kabupaten Simalungun, ketika ditanya mengenai pernyataan Saut Sirait ' Panwas semakin garang ', dikatakannya, ini adalah senjata, dan layak digunakan.

"Inikan seperti senjata, jadi layak dan wajar untuk digunakan. Pada akhirnya harus ada koreksi dari putusan KPU, justru itu yang dikoreksi oleh Panwas. Panwas sifatnya hanya menjalankan UU dan menaati UU tersebut," ujarnya.

Dikatakannya juga, bahwa Panwas sifatnya memastikan benar tidak hal yang diputuskan oleh peundang undangan, dan jika ada yang tidak  sesuai maka dikoreksi oleh Panwas. "Salah satu koreksi ya dengan sengketa, tapi kan tidak semua harus disengketakan, mungkin dengan rekomendasi sudah cukup. Ini memang perkembangan baru, masak senjata dikasi Panwas gak dipakei, kalau ada yang salah ya di tembaklah, " lanjut dirinya.

Penulis: soni. Editor: ebp.