HETANEWS.COM

Formasi Bintang sebagai Ucapan Syukur di Hari Kemerdekaan oleh pasukan Paskibraka Siantar

Pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara detik-detik proklamasi dalam rangka peringatan HUT Ke - 70 Kemerdekaan RI di lapangan Haji Adam Malik, Siantar, Senin (17/8). Upacara HUT RI ke 70 di hadiri ribuan masyarakat kota Siantar untuk menyaksikan berbagai acara yang ada di lapangan Haji Adam Malik. ( FOTO : LAZUARDY FAHMI )

Siantar, hetanews.com- Upacara Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70, yang jatuh pada hari ini, Senin (17/8) berjalan dengan baik, walaupun sebelum perhelatan banyak yang meragukan persiapan dari Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka), dikarenakan lapangan H Adam Malik lebih banyak dipergunakan untuk bazar.

Namun, jerih payah dan semangat para paskibraka yang memiliki tekad kuat mengibarkan sang Merah Putih membuah hasil karna pada saat dilakukan pengibaran bendera, pasukan Paskibraka berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar.

Sebelum pengibaran bendara, pelajar dari SMA Negri 5 melakukan treatrikal klosal yang menceritakan tentang perjuangan Raja Sangnaualuh dan menceritakan perjuangan-perjuangan pejuang Siantar, yang bertujuan menghidupkan kembali semangat perjuangan.

Seluruh Unsur Pimpinan Daerah (USPIDA) dan masyarakat yang menyaksikan upacara dengan serius mengikuti treatrikal yang dibawakan oleh Siswa-siswi SMA Negri 5, setelah itu kemudian Upacara Benderapun dimulai dan fokus mata tertuju pada pasukan Paskibraka.

Sebelum Pasukan Paskibrakan memasuki lapangan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih, dilakukan peringatan detik-detik proklamasi dengan membunyikan sirene, setelah itu Ketua DPRD Siantar Eliakim Simanjuntak membacakan Proklamsi.

Setelah itu Paskibrakan memasuki lapangan, Aodia Eklesia Boru Sagala yang bertindak sebagai pembawa Bendera Merah Putih mengambil Bendera Merah Putih yang diberikan oleh Wali Kota Siantar Hulman Sitorus sebagai Pembina Upacara.

Prosesi pengibaran bendera juga berjalan dengan lancar, dengan formasi Bintang Paskibraka mengibarkan bendera. Berdasarkan keterangan dari Pelatih Paskibraka Davidson Tampubolon, Paskibraka sengaja memilih formasi Bintang, formasi ini juga dipilih berdasarkan lambang Sila Pertama.

"Kita ingin mengucapkan rasa syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkatnya kita dapat merayakan hari kemerdekaan ini, itulah mengapa kita memilih Formasi bintang," kata Davidson.

Usai pengibaran bendera acarapun dilanjutkan dengan Tarian Klosal dan Marcing Band dari berbagai sekolah.

Penulis: tom. Editor: ebp.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!