JAKARTA, HETANEWS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyaksikan penampilan tim Barongsai Kong Ha Hong di Halaman Kantor Kemenpora, Jakarta.

Grup Barongsai yang berdomisili di Jakarta itu telah menjadi juara dunia sebanyak lima kali.

Ketua Tim Barongsai Kong Ha Hong, Ronald Sjarif mengaku bangga bisa tampil dihadapan Menpora Dito. Dia mengatakan, Barongsai Kong Ha Hong telah membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

"Tim Barongsai kami sudah juara dunia sebanyak lima kali, dan kami hari ini bangga bisa tampil di Kemenpora," ujar Ronald.

Pertunjukan Barongsai ini tampil memukau dengan sejumlah atraksi dan mendapat antusias dari ratusan pegawai di lingkungan Kemenpora. Atlet dalam kostum singa raksasa itu tampak "menari" dan diiringi suara nan megah yang dihasilkan alat musik.

Sejak berdiri 25 tahun silam, Kong Ha Hong rutin mengikuti kompetisi baik dalam dan luar negeri. Prestasi terbaiknya adalah menjadi juara dunia pada tahun 2009 di China, 2014 di Tangerang, 2015 di China, 2017 di Tangerang, dan 2019 di China.

Tak hanya itu, mereka juga sering tampil selama perayaan Imlek diberbagai mal dan pusat perbelanjaan. Barongsai diharap bisa terus eksis di Tanah Air.

"Barongsai ini harapannya bisa dimainkan oleh siapa pun. Barongsai ini juga kan salah satu olahraga yang diakui dan nanti di PON Aceh-Sumut akan dipertandingkan. Tentu ini menjadi kebanggaan, kami akan turun nanti mewakili Jakarta," tambah Manajer Tim Andrean Wijaya.