Memasuki masa tenang tahapan pemilu, Bawaslu Kota Tebing Tinggi menyelenggarakan apel siaga dan patroli pengawasan tahapan masa tenang, bertempat di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Minggu (11/02/24) sekitar pukul 08.30 wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh mewakili Walikota Tebing Tinggi Kaban Kesbangpol linmas Abdul Halim Purba, mewakili Dandim 0204/DS Kapten Yudi Chandra, mewakili Kapolres, Kabag Ops Kompol Yengki Deswandi, mewakili Kajari Hiras Silaban, Komisioner divisi perencanaan KPU Leonard Varera Tampubolon, Ketua Bawaslu Amsal F.Tambun, mewakiki Kadishub Dede Roman, Panwascam, PKD dan PTPS se Kota Tebing Tinggi serta perwakilan pengurus partai politik.

Dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu menyebutkan apel siaga ini memiliki makna penting dalam menjaga integritas dan ketertiban selama masa tenang pemilihan umum.

Sebagai bagian dari badan pengawas pemilihan umum, kita memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan lancar, dan bebas gangguan.

Selama masa tenang ini, kewaspadaan dan keberanian kita diperlukan lebih dari sebelumnya dan kita harus waspada terhadap segala bentuk pelanggaran. Netralitas dan profesionalisme adalah landasan yang kita pegang teguh untuk menjaga independensi kita sebagai lembaga pengawas pemilu dan tidak terpengaruh oleh tekanan dari pihak manapun.

Setelah apel siaga ini, kita akan melanjutkan patroli pengawasan tahapan masa tenang serta penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang merupakan kegiatan pencegahan terhadap pelanggaran pemilu.

Dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari forkopimda Tebing Tinggi dan Kabag Ops Polres Tebing Tinggi Kompol Yengki Deswandi.

Kabag Ops menjelaskan bahwa tugas Polri dalam tahapan masa tenang ini sebagai petugas keamanan, yang dalam arti menjamin keamanan petugas Bawaslu pada saat akan menurunkan APK.

Diharapkan dalam pelaksanaan tugas nantinya, personel Polri bekerja secara profesional, menjaga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.