JATIM, HETANEWS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Pesta Seni Akbar Panggung Gembira 2024 di Pondok Pasantren Az-Ziyadah, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pembukaan tersebut ditandai dengan hand scanning yang dilakukan oleh Menpora Dito yang didampingi oleh Pimpinan Yayasan Al-Husna Wazziyadah Ummuna Hj. Siti Fathimah.

Dalam sambutannya, Menpora Dito mengapresiasi kegiatan Pesta Seni Akbar Panggung Gembira tersebut. Menurutnya, kegiatan ini selaras dengan tiga tema besar dalam prioritas program Kemenpora.

"Saat ini, kami Kemenpora mengusung tiga tema besar dalam prioritas program dan kegiatan, yakni olahraga, olah rasa dan olah karya. Dan saya melihat di panggung gembira ini ada penggabungkan dua olah tersebut yakni olah rasa dan olah karya," ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut Menpora Dito menyampaikan bahwa seni muncul dari sebuah rasa yang menghasilkan karya yang baik sehingga rasa merupakan hal yang penting dan berpengaruh pada hasil karya dan cipta dari setiap manusia.

"Karena itu, malam ini saya sangat menyambut baik acara ini agar santri dapat memiliki nilai rasa dan karya yang mendukung pada pembentukan karakter yang
baik bagi dirinya sendiri," terangnya.

"Hasil olah rasa dan olah karya para santri bisa disalurkan menjadi sarana yang baik dalam pengembangan karya seni pemuda Indonesia. Kami memberikan kesempatan bagi pemenang pada panggung gembira ini untuk tampil di Pesta Prestasi 2024 yang dilaksanakan oleh Kemenpora," lanjutnya.

Dengan demikian, sambungnya, karya terbaik dari santri dapat diketahui oleh seluruh pemuda Indonesia, sehingga memacu mereka memiliki nilai seni yang baik juga.

"Saya sangat senang dengan inovasi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Az-Ziyadah. Dan ke depan perlu adanya kolaborasi sehingga acara ini menjadi besar. Dengan demikian bisa menjadi inspirasi bagi pondok pesantren lainnya," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menpora Dito, meminta kepada para pengurus Pondok Pesantren Az-Ziyadah agar ke depan acara panggung gembira ini bisa memasukan kegiatan olahraga.

"Mungkin nanti di acara ini bisa ada kegiatan olahraga, agar pondok pesantren dapat meningkatkan kualitas santri. Semoga para santri dan generasi muda yang hadir di sini terus memberikan kontribusi positif untuk negara," tutupnya.