HETANEWS.com - Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili atau Tahun Baru China tahun ini akan jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Imlek tahun ini menurut perhitungan kalender China masuk dalam tahun naga kayu. Tahun naga kayu akan dimulai pada 10 Februari 2024 hingga 29 Januari 2025.

Lalu, seperti apa karakter tahun naga kayu yang akan terjadi pada 2024?

Mengenal tahun naga kayu

Dikutip dari Chinese New Year, tahun 2024 merupakan tahun naga kayu. Selain 2024, tahun naga lainnya adalah 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012, dan 2036.

Naga adalah hewan kelima di antara 12 hewan dalam zodiak China. Sebelum naga ada kelinci sementara tahun ular ada setelah naga.

Penentuan hewan-hewan dalam zodiak China berasal dari legenda dari abad ke-5 SM. Sementara penanggalannya berdasarkan astrologi China dengan menghitung bulan, hari, dan jam dalam kalender.

Dilansir dari situs Museum Antropologi Timothy SY Lam, legenda munculnya shio dalam penanggalan China dimulai saat Kaisar Langit akan memilih 12 hewan sebagai penjaga istana.

Sejumlah hewan berlomba untuk sampai ke Istana Kaisar Langit, namun hanya 12 yang akhirnya sampai yakni tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Ke-12 hewan tersebut diadaptasi menjadi hewan-hewan dalam zodiak China.

Kenapa tidak ada kucing?

Konon tikus lupa mengajak kucing ke istana Kaisar Langit. Hal itu yang kemudian membuat keduanya pun menjadi musuh bebuyutan dan kucing tidak masuk dalam zodiak.

Naga dalam zodiak China dianggap sebagai hewan yang kuat, energik, penuh vitalitas, berorientasi pada tujuan namun idealis dan romantis, serta pemimpin yang visioner.

Orang dengan zodiak naga juga tahu persis diri mereka dan memiliki kesadaran akan diri sendiri yang paling tajam. Sementara naga berasal dari 12 hewan dalam kalender lunar China, elemen zodiak itu ditentukan berdasarkan tanggal dan tahun kelahiran seseorang. Berikut rinciannya:

Tahun naga 1988: 17 Februari 1988-5 Februari 1989 (bumi)

Tahun naga 2000: 5 Februari 2000-23 Januari 2001 (logam)

Tahun naga 2012: 23 Januari 2012-9 Februari 2013 (air)

Tahun naga 2024: 10 Februari 2024-25 Januari 2025 (kayu)

Tahun naga 2036: 28 Januari 2036-14 Februari 2037 (api)

Karakter zodiak naga

Diberitakan South China Morning Post (SCMP), budaya China menganggap naga sebagai simbo penting dan dihormati. Naga dianggap sebagai tanda zodiak paling menguntungkan oleh banyak orang China.

Naga China dianggap sebagai makhluk surgawi dan ilahi dengan kemampuan mengendalikan unsur-unsur alam seperti angin dan air. Makhluk ini juga dianggap sebagai pemberi kelimpahan dan umur panjang.

Naga juga punya kualitas positif seperti kekuatan, keberuntungan, dan kebijaksanaan. Kepercayaan ini membuat bayi yang lahir pada tahun naga dianggap punya kualitas luar biasa, termasuk pintar, memesona, fasih berbicara, dan kaya.

Orang dengan zodiak, shio, atau lahir di tahun naga diyakini mampu menjadi penguasa tapi bersikap baik hati, percaya diri, murah hati, idealis, dan ambisius.

Mereka juga teguh dengan pendirian, bijaksana, jujur, berbakar, dan suka berpetualang. Sayangnya, mereka terkadang suka mendominasi, temperamental, egois, mudah tertipu, dan impulsif.

Mereka memang dicintai dan dikagumi banyak orang, tetapi sulit membalas kasih sayang tersebut. Mereka juga tidak bisa berada sendirian terlalu lama tanpa merasa kesepian.

Keberuntungan di tahun naga kayu

Orang China meyakni terdapat beberapa tindakan yang perlu dilakukan selama Tahun Baru Imlek, termasuk pada tahun naga kayu 2024.

Berikut tindakan yang perlu dilakukan oleh orang dengan zodiak naga maupun pada tahun naga kayu untuk mendatangkan keberuntungan.

1. Hindari konflik dan peselisihan cinta

Tahun naga kayu dipercaya akan mendatangkan konflik dan perselisihan dalam kehidupan cinta. Untuk mencegahnya, hindari melampiaskan kekesalan kepada orang yang dicintai.

2. Bertahan di pekerjaan

Tahun naga diyakini bukan tahun karier yang baik, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja. Karena itu, bertahanlah di tahun ini untuk mendapatkan gaji karena pekerjaan tidak mudah ditemukan.

3. Simpan uang dan jangan berinvestasi

Kepercayaan orang China menyebut tahun ini akan sulit menghasilkan uang, terutama mereka yang bekerja di bidang penjualan. Karena itu, simpan sebagian besar penghasilan dan hindari investasi berisiko.

4. Olahraga rutin dan atur pola makan

Sepanjang tahun ini, orang dengan zodiak naga mungkin mengalami masalah kesehatan. Karena itu, rutinlah berolahraga dan terapkan pola makan sehat.