SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Amsirizal (54) warga Huta I Nagori Bandar didakwa melakukan pembunuhan yang direncanakan. Perkaranya disidangkan di Pengadilan Negeri Simalungun, Rabu (7/2/2024).

Lajang tua itu diduga menaruh dendam dengan korban Sartika Dewi Nasution yang masih keponakannya, karena sering memarahi terdakwa. Bahkan korban juga membenci orangtua terdakwa.

Pernah juga, korban mengusir terdakwa dari rumahnya. Sehingga terdakwa sakit hati dan ingin membunuh korban. Hal itu pernah diungkapkan terdakwa kepada saksi Kasimah Limbong dan Kunteng Ahmad.

Pada Sabtu, 30 September 2023, terdakwa mengajak Kunteng Ahmad melihat orangtuanya yang tinggal di rumah korban di Huta I Nagori Bandar, Simalungun.

Ketika masuk ke dalam rumah, Kunteng Ahmad berbincang dengan orangtua terdakwa. Ketika itu, korban sedang berada di teras samping rumah dan asyik ngobrol dengan saksi Lega Hati.

Terdakwa yang melihat korban semakin emosi dan diam diam mengambil kayu alu dari dapur lalu dati arah belakang korban langsung memukul bagian kepala sebanyak 3 kali. Hingga korban langsung tergeletak di lantai dan kembali memukul bagian punggung korban.

Saksi Lega Hati langsung teriak sehingga saksi Kunteng Ahmad lari ke belakang dan mengamankan terdakwa. Akibatnya, korban meninggal dunia sesuai visum dokter.

Jaksa Penuntut Umum Barry Sugiarto SH menjerat terdakwa denhan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana atau pasal 338 atau pasal 351 ayat (3) dengan kekerasan yang mengakibatkan korban meninggal. Dimana ancaman hukumannya seumur hidup.

Dalam persidangan, terdakwa didampingi pengacara Josia Manik dari LBH PK Posbakum PN Simalungun berdasarkan penetapan majelis hakim.

"Karena ancaman hukumannya tinggi, maka harus didampingi pengacara. Sidang selanjutnya masih mendengarkan keterangan saksi-saksi, " jelas Josia kepada hetanews, Kamis (8/2/2024).