SIANTAR - Caleg No Urut 2 Dapil 3 dari Partai Perindo, Alex Hendri Damanik, jika terpilih sebagai Anggota DPRD Pematangsiantar ingin duduk di Komisi yang membidangi pendidikan.

Tak hanya itu, Alex siap maju sebagai Calon Wali Kota Pematangsiantar untuk mengembalikan Siantar sebagai kota pendidikan.

Pengusaha muda ini terus terang mengakui dirinya baru terjun ke politik. Begitu pun ia serius mengamati kondisi sosial masyarakat, yang membuat dirinya berkeingan menjadi legislator.

“Saya sering bertemu dengan masyarakat yang di pinggiran maupun yang di kota. Yang saya temukan tumpang tindih aturan, kesenjangan sosial yang semakin tinggi,” kata Alex saat pertemuan dengan keluarga besar PAC IPK Siantar Marimbun, Sabtu 3 Februari 2024.

“Artinya yang satu nggak bisa makan, yang satu lagi makan keju. Nah inilah yang membuat saya sedih, dan background saya itu keluarga petani. Saya bukan dari keluarga yang mumpuni,” sambungnya.

Di sisi lain Alex merindukan Kota Siantar yang pada masa lalu pernah sebagai pusat pendidikan. Menurut dia, jika Siantar kembali menjadi kota pendidikan tentu berdampak kepada pertumbuhan ekonomi.

Ia mencontohkan berdirinya sekolah plus yang memiliki fasilitas bermutu akan diburu para pelajar dari luar kota. Multi effectnya akan berdampak kepada pelaku UMKM.

Alex Damanik dan IPK Siantar Marimbun

Meski begitu, kata dia, mengembalikan Siantar sebagai kota pendidikan butuh komitmen bulat dari masyarakat dan kerja keras para stakeholder.

“Kalau Tuhan izinkan saya duduk, saya mau ke Komisi di bidang pendidikan. Kenapa? Saya ingin Sidak ke sekolah sebelum kerja. Namun upaya ini harus didukung,” kata pria 36 Tahun ini.

Alex menilai Kota Siantar saat ini berjalan ditempat. Menurutnya hal itu dikarenakan berbagai faktor, salah satunya salah satunya dampak salah memilih pemimpin.

Masih kata Alex, penting sekali memang saat ini kita memilih sosok pemimpin yang tepat, jadi tidak asal memilih karena berdampak pada kelangsungan kota ini selama 5 tahun ke depan.

“Saya ingin komitmen kita membangun kota ini betul betul bulat. Pastikan kita memilih orang yang tepat, setidaknya mampu menerima aspirasi pemikiran kita,”ucapnya.

“Ini memang terjadi beberapa tahun belakangan ini, sehingga kota yang kitaa cintai ini stagnan atau berjalan di tempat,” sebutnya.

Kepada keluarga IPK Siantar Marimbun, Alex Hendri Damanik meminta komitmen untuk bersama sama membangun kota ini dengan sungguh-sungguh.

Tanpa adanya dukungan dari masyarakat, kata dia, program yang direncanakan akan sia sia. Disamping itu dirinya siap mendengar masukan dari seluruh lapisan masyarakat demi kemajuan Kota Siantar.

“Kalau Tuhan izinkan, entah nggak sampai dilantik kita angsung maju untuk Siantar Satu. Nah, itu kan nggak mungkin kalau jadi Ketua RT saja kalah apalagi Wali Kota, kan buat malu saja,” ungkapnya.