SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga hadir saat peresmian Jalan Tol di Trans Sumatera oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (7/2/2024) pagi.

Dua ruas jalan tol di Trans Sumatera, yakni Ruas Jalan Tol Indrapura-Kisaran dan Ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Presiden Jokowi mengatakan Jalan Tol ini bakal menjadi penghubung langsung ke Danau Toba serta mempercepat konektivitas logistik ke KEK Sei Mangkei dan juga Pelabuhan Kuala Tanjung.

Presiden juga meyakini pembangunan Jalan Tol ini akan memacu banyak investasi yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumut.

Kepala Negara pun berharap kunjungan wisata ke destinasi super prioritas Danau Toba dapat meningkat.

Usai peresmian, Bupati Radiapoh mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Ruas Jalan Tol tersebut menghubungkan wilayah Kabupaten Simalungun khususnya KEK Sei Mangkei dan wilayah Danau Toba Simalungun.

"Kita berharap dengan adanya Jalan Tol menuju Parapat dapat meningkatkan arus kunjungan wisata di Kota Parapat untuk menikmati keindahan Danau Toba," ucap Radiapoh.

Bupati juga berharap, dengan meningkatnya kunjungan wisata, tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk UMKM yang ada kawasan wisata Danau Toba Simalungun.

Selain Bupati Radiapoh, hadir saat peresmian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Komisi I DPR RI Meutia Hafidz serta sejumlah Kepala Daerah se kawasan Danau Toba.