SIANTAR, HETANEWS.com - Lapas Kelas IIA hadiri mentoring, monitoring evaluasi rehabilitas pemasyarakatan oleh Ditjen Pas Kemenkumhan RI, Selasa (6/2/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh kasi Binadik Lapas Pematangsiantar, Kasubbag TU, Tim Medis, bendahara serta Mentor Rehabilitasi Lapas Pematangsiantar.

Dalam kesempatan yang dilakukan, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar turut menerima pemaparan seputar penyelenggarakan layanan Rehabilitasi sesuai Standar Rehabilitasi Pemasyarakatan, keperluan administrasi WBP yang diperlukan untuk kebutuhan rehabilitasi hingga pengoptimalan anggaran Rehabilitasi.

Selain itu dilakukan juga dalam upaya peningkatan kualitas hidup serta diperlukan adanya layanan rehabilitas pemasyarakatan berupa rehabilitas narkotika bagi tahanan, narapidana, dan anak binaan pecandu, penyalahguna serta korban penyalahgunaan narkotika di UPT pemasyarakatan.

Dalam rangka perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan tersebut hal itu sangat diperlukan. Untuk itu Lapas Kelas IIA Pematangsiantar dipandang mampu untuk ditetapkan sebagai penyelenggara Layanan Rehabilitasi Pemasyarakatan berupa rehabilitasi medis, sosial dan pasca rehabilitasi bagi tahanan, narapidana, dan anak binaan pecandu pecandu, penyalahguna serta korban penyalahgunaan narkotika.