HETANEWS

Untuk Ketiga Kalinya Sergai Raih Penghargaan Pratama KLA, Miliki Wadah P2TP2A

Presiden RI Joko Widodo photo bersama dengan Plh. Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi dan para Bupati/Walikota penerima penghargaan Kabupaten Layak Anak usai peringatan Hari Anak Nasional tahun 2015 yang dipusatkan di Istana Presiden Bogor, Selasa (11/8).

Sei Rampah,hetanews.com Sehari setelah ditetapkan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Drs. H. Haris Fadillah, M.Si menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2015 yang dipusatkan di Istana Presiden Bogor, Selasa (11/8) untuk menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori Pratama yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Sebanyak 80 Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan KLA dengan kategori Nindya 3 Kabupaten/Kota, Madya 24 Kabupaten/Kota dan Pratama sebanyak 50 Kabupaten/Kota serta 3 Provinsi yang meraih penghargaan, salah satunya adalah Kabupaten Sergai.

Ada 31 indikator yang ditetapkan sebagai penilaian untuk mendapat penghargaan KLA ini. Adapun indikator penilaian dari Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang sudah ketiga kalinya meraih penghargaan ini salah satunya adalah adanya wadah Perlindungan Khusus dengan dibentuknya Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), dimana penerapannya sampai pada pendampingan hukum terhadap kasus perempuan dan anak.

Demikian dikemukakan Kabag Humas Setdakab Sergai Dra. Indah Dwi Kumala yang disampaikan kepada wartawan diruang kerjanya Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (12/8).

Dalam puncak peringatan HAN dengan thema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak”  dihadiri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo, Ibu Wakil Presiden Ny. Mufida Jusuf Kalla, Menteri Pemberdayaan Anak Yohana Yembise, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdjianto serta Perwakilan Duta Besar Negara Sahabat, beberapa Menteri Kabinet Kerja, Kelompok Masyarakat Pemerhati Anak dan Kepala Daerah yang mendapat penghargaan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Plh. Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si berharap agar anak-anak Kabupaten ini dapat tampil mengaktualisasikan sekaligus berinovasi tidak hanya di dalam daerah saja akan tetapi mampu berkreativitas hingga ke kanca Nasional maupun Internasional. “Pembinaan dan pengembangan anak harus dilakukan sedini mungkin dengan mengimplementasikan melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak pada pemenuhan hak dan kepentingan terbaik bagi anak”, jelas Kabag Humas.

Peringatan HAN merupakan momentum untuk memperkuat posisi dan keberadaan anak sebagai generasi penerus sekaligus tongkat estafet kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang. “Seluruh Anak Indonesia adalah anak kita semua, sehingga menjadi kewajiban kita semua untuk memastikan tidak adanya diskriminasi maupun kekerasan yang menimpa mereka”, kata Kabag Indah.

Dijelaskan oleh Kabag Indah bahwa Plh. Bupati Haris Fadillah berujar “dengan diraihnya penghargaan tersebut, akan menambah deretan prestasi yang telah diraih Kabupaten Sergai selama ini. Hal ini tentunya harus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan sehingga membawa kemajuan yang berdampak terhadap kemakmuran masyarakat Sergai”.

Puncak peringatan HAN diwarnai dengan dialog interaktif antara anak-anak Indonesia dengan Presiden Jokowi dan membagikan sepeda sebagai hadiah bagi anak yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Penulis: aguswan. Editor: ebp.