SIANTAR - Ketua Institute Law And Justice (ILAJ) Fawer Sihite menilai tindakan pimpinan Parpol pengusung Capres Ganjar Pranowo di Siantar yang meminta klarifikasi dari SatPol PP kurang tepat.

Menurutnya, sebagai Politisi maupun pejabat publik yang bersangkutan seharusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat, terkait peraturan masa kampanye Pemilu 2024.

"Bapak-bapak itu kan pejabat negara juganya, iya lapor saja ke polisi kalau ada tindakan yang tidak sesuai aturan," kata Fawer saat dimintai pendapatnya, Senin (12/11/2023).

Menurutnya, penertiban alat peraga peserta Pemilu merupakan bentuk kepatuhan terhadap peraturan yang ditetapkan.

"Beri contoh yang baik lah bagi masyarakat, karena sedikit banyaknya masyarakat ini tidak terlalu mengetahui peraturan, dan banyak yang hanya ikut ikutan karena marwah daripada seseorang atau pejabat itu," sambungnya.

Fawer menilai penertiban itu juga merupakan langkah preventif guna menjaga keteraturan lingkungan dan memastikan kota tetap mematuhi regulasi yang ada.

Pimpinan Parpol Koalisi Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD di Kota Pematang Siantar mendatangi Kantor SatPol PP, Sabtu 11 November 2023.

"Ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih teratur sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," katanya.

Baca juga: Meski Terlambat, Ganjar Tetap Dialog Bersama Masyarakat Siantar-Simalungun

ILAJ, kata Fawer, tetap berkomitmen dalam mendukung langkah-langkah penegakan hukum yang sesuai dengan prinsip keadilan. Pihaknya juga mendorong pentingnya sosialisasi peraturan Pemilu kepada masyarakat.

"Pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai kepatuhan terhadap aturan-aturan yang ada dan dampak positifnya terhadap kondisi lingkungan yang lebih tertib," ungkapnya.

Sebelumnya, para Pimpinan Parpol koalisi Capres Ganjar-Mahfud mendatangi kantor kantor SatPol PP guna meminta klarifikasi pencopotan poster Ganjar, Sabtu (11/11/2023).

Pada hari yang sama, mantan Gubernur Jawa Tengah itu berkunjung ke Pematang Siantar untuk menyapa para relawan dan pendukungnya.

Baca juga: Poster Ganjar Dicopot, Partai Pengusung Minta Klarifikasi SatPol PP