PALUTA - Sejumlah 105 desa yang tersebar di 12 Kecamatan di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan Pilkades serentak, Rabu (4/10/2023). Pesta demokrasi tingkat Desa dipastikan berlangsung aman, tertib dan kondusif.

Sejati sebelum pelaksanaan Pilkades telah dilakukan apel pergeseran pasukan operasi Mantap Huta Toba Tahun 2023 yang dipimpin langsung Bupati Paluta Andar Amin Harahap. Apel tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan personil pengamanan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Paluta.

Apel kesiapan personel pengamanan Pilkades dihadiri oleh Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni SIK MH, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Kajari Paluta, Dandim 0212/TS, DanKi Brimobdasu, Danton 123/RW, kalangan Pju Polres Tapanuli Selatan, Pimpinan OPD Kabupaten Paluta, Danramil 05/PB, Kapolsek Padang Bolak, Camat Se-Kabupaten Paluta.

Setidaknya sebanyak 389 personil dipersiapkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades tahun 2023 di Kabupaten Paluta. Terdiri dari Polres Tapsel 209 personil, BKO Polres Palas 30 personil, BKO Dalmas Polres Tapteng 30 personil, BKO Dalmas Polres Sibolga 30 personil, BKO Brimob Yon C Poldasu 60 personil dan BKO TNI Yonif 123 Rajawali 30 personil yang siap mengawal dan melaksanakan pengamanan Pilkades.

Dikatakan Bupati, berdasarkan perkiraan intelijen dan hasil rapat koordinasi kesiapan pengamanan pilkades bersama instansi terkait telah dilakukan mapping atau pemetaan terhadap desa yang rawan pada Pilkades serentak di Kabupaten Paluta.

“Saya yakin seluruh personil dan stakeholder terkait mampu melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dan berdedikasi tinggi serta menjunjung tinggi netralitas dalam mengemban tugas pengabdian bangsa dan negara, khususnya di daerah yang rawan konflik,” katanya.

Untuk itu, bupati meminta kepada seluruh personel yang bertugas agar menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, pedomani aturan perundang-undangan terkait pilkades.

Kemudian, pelajari situasi dan kondisi serta kerawanan di masing-masing desa serta berkordinasi dengan panitia pilkades dan ketahui perangkat petugas pemungutan suara serta turut membantu mengamankan dan mengawal logistik pemungutan suara.

"Berikan pengawalan penuh terhadap kotak suara maupun surat suara dan laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggungjawab dan penuh keikhlasan," tutupnya.