MEDAN, HETANEWS.com - Polrestabes Medan mengawal aksi demo massa dari Aliansi Pejuang Performa Agraria (APARA) di kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, pada hari Selasa (26/9/2023).

Aksi unjuk rasa di DPRD Sumut itu berjalan aman dan kondusif. Apel dipimpin oleh AKP Membela Karo-karo, (Kaur Subbagren Progar Bag Ren/Waka Pam Objek.

Turut hadir, Kompol Husnil M.Daulay, MIK Ps.Kasat Samapta, Kompol Ginanjar Fitriadi, Kapolsek Medan Baru. Personel pengamanan yakni Ton Negosiator, Ton Dalmas Awal, Polsek M.Baru, Polsek M.Barat, Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Si Propam dan Massanya sekitar 150 orang.

Pimpinan apel mengingatkan kepada personil yang melaksanakan Pengamanan agar menghormati HAM dari setiap orang yang melakukan aksi unjuk rasa, melayani dan mengamankan pengunjung rasa sesuai dengan ketentuan.

Setiap pergerakan pasukan selalu dalam ikatan satuan dan bentuk formasi sesuai ketentuan. Melindungi jiwa dan harta benda tetap menjaga dan mempertahankan situasi hingga unjuk rasa selesai. Patuh dan taat kepada perintah Padal dan Ka Pam Objek yang bertanggung jawab sesuai tingkatannya.

Massa aksi diterima ke ruangan DPRD sebanyak 15 orang untuk audensi di ruang bamus bersama Kepala Humas DPRD Sumut Muhammad Sofyan dan Perwakilan kelompok Tani Sibolangit, menyampaikan agar tanah lahan mereka di kembalikan kepada kelompok tani kembali, Massa minta berantas mafia tanah tangkap dan adili, hentikan kriminalisasi dan utamakan keperluan rakyat. Kegiatan berjalan aman dan damai.