HETANEWS.com - Singkatnya dari Royal Institution, ilmuwan material Anna Ploszajski menggabungkan minat terbesarnya – fisika dan musik – dalam demonstrasi yang sangat menghibur tentang bagaimana kedua bidang keahliannya saling berhubungan secara inheren.

Meniup terompet ke dalam alat yang dikenal sebagai tabung Rubens, yang memvisualisasikan gelombang suara dan tekanan dengan nyala api, Ploszajski menunjukkan bagaimana, dengan semua rekayasa rumitnya, instrumen pilihannya, pada dasarnya, adalah getaran yang diciptakan dengan mulut yang bergerak melalui sebuah tabung.

Anna Ploszajski adalah seorang ilmuwan material, insinyur, dan penulis. Bukunya, Buatan Tangan: Pencarian Seorang Ilmuwan untuk Makna Melalui Pembuatan, diterbitkan oleh Bloomsbury Publishing pada 18 Mei 2021. Foto: Ist

Dikutip dari majalah ide dan budaya AEON, Dia selanjutnya mendekonstruksi instrumen tersebut dengan menunjukkan bagaimana meniup beton, es, dan bahkan jeli dapat menghasilkan efek yang sangat mirip.

Ploszajski kemudian mengakhiri presentasinya dengan sejarah singkat terompet dari Mesir kuno hingga saat ini, menunjukkan bagaimana instrumen tersebut telah berevolusi seiring dengan teknologi kontemporer.