HETANEWS

Mantan Wakil Ketua DPRD Simalungun Dihukum 2 Bulan 7 Hari

Julius Silalahi.

Simalungun, hetanews.com- Ir Julius Silalahi, mantan Wakil Ketua DPRD Simalungun, ternyata divonis ringan oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Simalungun. Majelis hakim yang diketuai Toga Napitupulu SHMH, menjatuhkan hukuman 2 bulan 7 hari atas perbuatan penipuan yang dilakukannya terhadap Jono Silalahi hingga mencapai Rp 690 juta.

Hal tersebut dibenarkan oleh panitera pengganti Afrizal SH, Senin (3/8/2015). "Iya, sudah divonis Kamis kemarin. Kan sudah berdamai itu. Lupa saya tanggal berapa itu. Mereka (Jaksa dan terdakwa) masih pikir-pikir, belum ada tanggapannya," ujar Afrizal terbata-bata sembari berlalu.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) M Firdaus SH, menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 4 bulan. Alasan keringanan yang disampaikan majelis hakim yakni sudah berdamai dengan korban dan berjanji mengembalikan seluruh kerugian korban.

Sebelumnya, di persidangan saksi korban Jono Silalahi mengaku telah menyerahkan uang Rp 690 juta dengan empat kali transaksi yang dilengkapi dengan kwitansi pembayaran kepada terdakwa. Uang tersebut diberikan dengan balasan janji akan memberikan proyek kepada korban bernilai miliaran rupiah di Dinas Bencana Alam Pemkab Simalungun. Namun proyek yang dijanjikan terdakwa tak kunjung ada hingga ditunggu dalam batas yang ditentukan. Merasa tertipu, saksi korban mengadukan terdakwa ke polisi. 

Dipersidangan juga, korban mengungkap antara mereka telah membuat surat perdamaian di depan notaris tertanggal 28 Oktober 2014. Terdakwa berjanji akan melunasi hutangnya kepada korban dalam tempo 5 bulan, namun hingga persidangan dimulai, terdakwa belum juga membayar kerugian. Setelah disarankan oleh majelis hakim, Julius yang tidak ditahan tersebut pun kembali membuat perdamaian terhadap korban dengan surat perjanjian pengembalian uang.

Penulis: res. Editor: ebp.