Simalungun, hetanews.com- Satu jam setelah kejadian bus raja trans dengan nomor polisi BK 7449 TL, yang terbalik di jalinsum Siantar-Saribudolok, Nagori Embong, kecamatan Panombean Pane, Simalungun, (Rabu,29/07). Direspon Bupati Simalungun JR Saragih dengan langsung mendatangi korban di RS Vita Insani.

Kedatanganya bersama Sekda Simalungun Gidion Purba, Danrem 002 PT Kolonel Arm Broto Guscahyo, Kapolres Simalungun AKBP Heri Sulesmono, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M Rikki Ramadan dan sejumlah pejabat Pemkab Simalungun.

Sesampainya di RSVI, JR Saragih langsung menuju memasuki ruangan IGD dan langsung menanyai keadaan  5 korban yang mengalami luka- luka, dimana salah satunya, Sumiati, pegawai PDAM Tirtalihou yang sedang hamil 8 bulan.

Lanjutnya, JR Saragih dengan wajah sedih menanyai keadaan Elsa, korban lain yang juga merupakan pegawai Catatan sipil (Capil). Mengetahui kalau korban mengalami benturan di dada dan kepala, JR Saragih meminta para tenaga medis untuk mengambilkan hasil rontgen.

Setelah melihat hasil rontgen, JR Saragih kemudian menanyakan tempat pendaratan helikopter terdekat. Dia lalu meminta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun dr Jan Mauresdo Purba untuk memanggil ambulans milik Pemkab untuk membawa Elsa Napitupuluh ke Lapangan Brimob Siantar tempat pendaratan helikopter.

Hanya beberapa menit berselang, ambulans tiba dan korban Elsa Napitupuluh dibawa menuju lapangan Brimob Subden B Siantar untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Efarina Etaham miliknya di Berastagi, Kabupaten Karo.

Sebelum berangkat mendampingi Elsa, JR Saragih yang ditanyai sejumlah wartawan mengharapkan kepolisian  memberi efek jera kepada para supir yang ugal-ugalan dengan memberi hukuman yang berat.  ”Para supir yang ugal-ugalan harus ditindak tegas demi keselamatan para penumpang, sehingga ada efek jera,” katanya.

Dikatakannya, salah satu korban harus  diterbangkan ke Rumah Sakit Efarina Etaham Berastagi, karena keadaan korban yang luka berat dan harus mendapat perawatan intensif. “Pemkab Simalungun akan menanggung semua biaya perobatan korban," ucapnya mengakhiri.